nusabali

Dana Pembinaan PKB Belum 100 Persen Cair

  • www.nusabali.com-dana-pembinaan-pkb-belum-100-persen-cair

BANGLI, NusaBali - Kabupaten Bangli hanya ikut 11 materi dari 16 materi kesenian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-XLVI, dengan anggaran Rp 1,4 miliar. Meskipun PKB telah lama usai, dana pembinaan tersebut belum cair 100 persen. Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli mengklaim belum cairnya 100 persen dana itu karena ada sanggar/sekaa kesenian yang belum melengkapi administrasi pengamprahan dana.

Kabid Kesenian Disparbud  Bangli Nyoman Wiradana mengatakan dalam keikutsertaa pada ajang PKB melibatkan beberapa sekaa dan sanggar. Anggaran PKB ini Rp 1,4 miliar bersumber dari BKK Bidang Kebudayaan Rp 500 juta dan APBD Bangli Rp 900 juta. Dia mengaku belum sepenuhnya dana PKB ini terserap. "Karena masih ada kelompok seniman yang belum melengkapi administarsi," jelasnya, Kamis (1/8).

Administrasi dimaksud, seperti daftar hadir saat Latihan.Kini mereka tidak lagi berkumpul sehingga petuas harus mencari  ke beda-beda tempat. "Sejatinya, kami dari awal telah memberikan rambu-rambu terkait pencairan anggaran pembinaan ini. Namun mereka belum bisa memenuhi sesuai yang kami harapkan," sebutnya.

Dana PKB yang belum cair, di antaranya untuk kontingen Gong Kebyar Dewasa khusus pencairan tahap  II, pawai, gender wayang, dan beberapa materi lainnya. Wiradana memastikan awal Agustus 2024, kelengkapan administrasi bisa terpenuhi hingga semua dana bisa cair. "Kami sudah berikan batas waktu untuk melengkapi," sambungnya.7esa

Komentar