nusabali

Siswa Baru SLB dan SMAN 1 Amlapura Dites IQ

  • www.nusabali.com-siswa-baru-slb-dan-sman-1-amlapura-dites-iq

AMLAPURA, NusaBali - 444 siswa baru untuk tahun ajaran 2024/2025 menjalani tes IQ (intelligent quotient). Tes IQ diberlakukan untuk 20 siswa kelas I di SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri 1 Karangasem.

Tes IQ di SLBN 1 Karangasem berlangsung di Aula SLBN 1 Karangasem Lingkungan Telaga Mas, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (1/8). Saat tes, setiap siswa baru didampingi orangtuanya karena siswanya itu memiliki hambatan pendengaran, hambatan intelegensia, dan autis. Akibatnya, lebih banyak orangtua siswa yang menjawab pertanyaan psikolog. 

"Kami rutin melakukan tes IQ di SLB Negeri 1 Karangasem setiap tahun, agar diketahui IQ-nya guna memudahkan dalam pembelajaran," jelas Kasek SLBN 1 Karangasem Mudi Dwikorahesti.

Tim Psikolog dari Pradnyagama Denpasar yang melakukan tes IQ terbagi di beberapa ruangan, agar lebih cepat tuntas. Tes IQ untuk siswa baru SDLB berlangsung sejak tahun ajaran 2012. Selama ini paling sulit menggelar tes IQ saat menyasar siswa autis karena anak-anak hiperaktif, terus bergerak.

Mudi Dwikorahesti menilai penting melakukan tes IQ guna mengetahui beberapa hal. Antara lain, kemampuan siswa dalam berkomunikasi, tingkat emosional siswa, lanjut mengobservasi siswa sehingga dapat kesimpulan akhir. 

Mudi Dwikorahesti, mengatakan setelah data pribadi siswa terekam, nantinya memudahkan guru memberikan pelajaran. Sebab selama ini komunikasi guru dengan siswa lebih banyak menggunakan bahasa isyarat untuk memberikan pendidikan karakter, agar rajin ke sekolah, rajin sembahyang, hormat kepada guru, hormat kepada orangtua, dan sesama siswa. Hasil tes IQ di SLB N 1 Karangasem rata-rata 80 atau di bawah normal. 

Di bagian lain, SMAN 1 Amlapura juga menggelar tes IQ, melibatkan 444 siswa kelas X. Hadir melaksanakan tes dari CV Profesional Test Psikolog Konsultan dipimpin Prof Dr Ketut Dharsana MPd. "Kami juga melaksanakan tes IQ rutin setiap tahun, agar mengetahui IQ siswa baru, sehingga guru mengetahui minat dan bakat siswa," jelas Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana.

Tahun 2023, sebanyak 374 siswa menjalani tes IQ, terungkap  hasilnya hanya 4 siswa yang masuk kelompok cerdas dengan skor 116, mereka yakni masing I Kadek Jimmy Billiyawan, I Putu Agus Alvin Mahesananta dan Ni Komang Eka Pertiwi, ketiganya memilih jurusan IPA. Sedangkan IQ 110 satu siswa, juga masuk kelompok cerdas atas nama I Made Deva Adi Pradipta, sedangkan IQ 105 sebanyak 2 siswa I Komang Agus Tirta Mahardika dan Monitha Amelia Mahatma. Tercatat 18 siswa dengan IQ 100, 18 siswa dengan IQ 99, 20 siswa dengan IQ 98, 14 siswa dengan IQ 97, selebihnya IQ 96, ternyata banyak siswa dengan IQ di bawah 100.

SMAN 1 Amlapura pernah mencatat IQ tinggi tahun 2017, atas nama Ni Kadek Pamela Geordeola dengan IQ 135, Ni Putu Melisa Rahayati  dengan IQ 133, Ni Putu Novira Jayantini dengan IQ 133, I Wayan Sukarini dengan IQ 133, I Komang Yoga Wiranata dengan IQ 133 dan Ni Kadek Bella Anggun Pratiwi dengan IQ 133.7k16

Komentar