nusabali

Cakupan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 di Bali

Badung Tertinggi, Karangasem Terendah

  • www.nusabali.com-cakupan-pekan-imunisasi-nasional-polio-2024-di-bali

Diskes Bali sedang melakukan sweeping (putaran pertama) untuk memastikan seluruh anak usia 0 sampai 7 tahun sudah mendapatkan imunisasi polio.

DENPASAR, NusaBali 
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan di Provinsi Bali telah berhasil mencapai berbagai tingkat cakupan di setiap kabupaten dan kota. Data terbaru menunjukkan adanya variasi signifikan, dengan Kabupaten Badung mencatatkan cakupan tertinggi sebesar 99,2 persen, sementara Kabupaten Karangasem menjadi daerah dengan cakupan terendah, yaitu 69,1 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Bali dr I Nyoman Gde Anom, menyatakan bahwa program PIN Polio ini merupakan respons atas munculnya kasus polio di berbagai daerah di Indonesia sejak 2022, termasuk di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua. 

“Kasus polio yang muncul ini berasal dari virus polio tipe 2, sehingga vaksin yang digunakan pada PIN Polio 2024 berbeda dengan vaksin yang digunakan pada imunisasi rutin,” jelas dr Anom, Jumat (2/8). 

PIN Polio kali ini menargetkan seluruh anak usia 0 sampai 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. “Sasaran akan mendapatkan imunisasi sebanyak dua kali dengan rentang pemberian antarimunisasi selama dua minggu,” tambah dr Anom. 

Pemberian imunisasi ini dilaksanakan di berbagai tempat seperti puskesmas, posyandu, sekolah, serta tempat lain yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan kabupaten/kota dan puskesmas.

Cakupan imunisasi yang tinggi di Badung menunjukkan efektivitas program ini di wilayah tersebut. Sebaliknya, cakupan yang lebih rendah di Karangasem mengindikasikan adanya tantangan dalam menjangkau seluruh target sasaran. 

“Kami saat ini sedang melakukan sweeping untuk memastikan seluruh anak usia 0 sampai 7 tahun sudah mendapatkan imunisasi polio,” ujar dr Anom.
Pemberian dosis pertama PIN Polio di Bali berlangsung pada 23–29 Juli 2024, dengan sweeping putaran pertama pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2024. Dosis kedua akan diberikan pada 6–12 Agustus 2024, disertai sweeping putaran kedua pada 13–19 Agustus 2024.

Kabupaten/kota lainnya seperti Denpasar, Tabanan, dan Gianyar mencatatkan cakupan yang cukup tinggi, masing-masing sebesar 88,4 persen, 87,8 persen, dan 87,8 persen. Di sisi lain, Bangli, Klungkung, Jembrana, dan Buleleng menunjukkan cakupan yang berkisar antara 72,2 persen hingga 82,8 persen. Cakupan rata-rata di Provinsi Bali untuk dosis pertama PIN Polio adalah 82,3 persen. 7 a

Komentar