nusabali

KPU Badung Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-kpu-badung-gelar-sosialisasi-pemilih-pemula

MANGUPURA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung mengadakan sosialisasi untuk pemilih pemula di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Badung pada Jumat (2/8). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Badung, Gusti Ketut Gede Yusa Arsana menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut difokuskan pada segmen disabilitas. Menurut Yusa Arsana, KPU Badung berupaya memastikan bahwa pemilih disabilitas dapat terlayani, mulai dari tahap pendataan hingga hari pemungutan suara.

“Sekarang (kemarin,red) akan kita sosialisasikan tentang pendataan pemilih apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Nanti akan dilakukan cek DPT online kemudian nanti di hari H ada fasilitas lebih atau kita mengedepankan aksesibilitas sehingga kawan difabel bisa mudah mengakses TPS,” ujar Yusa Arsana saat ditemui di SLBN 1 Badung pada Jumat (2/8) pagi.

Yusa Arsana menambahkan bahwa KPU akan menyediakan TPS yang dekat dengan lokasi pemilih disabilitas agar mereka tidak perlu pergi jauh untuk memberikan suara. Dia juga menegaskan pentingnya kesetaraan dalam proses demokrasi, sesuai dengan prinsip dalam Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan bahwa semua warga negara sama di hadapan hukum dan pemerintahan. 

“Kita semua di dalam berdemokrasi tidak lagi berfikir bahwa ada pembedaan oleh kawan-kawan yang sehat dengan difabel ini semata-mata kita melakukan kesetaraan,” tegasnya.

Arsana berharap dengan adanya sosialisasi ini, partisipasi pemilih disabilitas dalam Pilkada 2024 mendatang akan meningkat, sehingga mereka dapat turut serta dalam proses demokrasi secara penuh dan setara.

“Itu yang kami wujudkna, nyatakan dalam proses kesetaraan ini dengan kawan-kawan difabel dimana hanya satu kali sebetulnya di dalam bernegara itu kita betul-betul sama dengan siapa pun,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Badung, Ni Nyoman Suwastarini mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh KPU Badung untuk partisipasi pemilih dalam Pilkada yang akan dilaksanakan pada November mendatang. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SLBN 1 Badung dan merupakan salah satu bentuk implementasi dari pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) serta tema proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Suwastarini menjelaskan bahwa sekolahnya telah melaksanakan pembelajaran PPKN, di mana para siswa belajar tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara. Selain itu, mereka juga telah menentukan suara demokrasi sebagai proyek P5 mereka dalam tahun ajaran ini. Dia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, para siswa dapat melaksanakan pelajaran tersebut sebagai implementasi nyata.

“Kegiatan ini tentu bermanfaat bagi siswa-siswi kami. Dengan adanya sosialisasi partisipasi pemilih ini, kami berharap dari pelajaran PPKN dan proyek P5 mereka bisa melaksanakannya sebagai implementasi nyata dari pelajaran tersebut. Di samping itu, mereka juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari bagaimana bentuk partisipasi mereka menjadi warga negara yang baik ketika negara memberikan kesempatan kepada mereka untuk memberikan suara,” ujar Suwastarini.

Suwastarini juga berharap kegiatan sosialisasi ini dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun sebagai bentuk kesetaraan di tengah keterbatasan anak-anak SLBN 1 Badung dalam mendapatkan informasi. Kata dia, dengan kegiatan ini, anak-anak dapat lebih menyadari dan terpanggil untuk melaksanakan hak pilih mereka, sehingga dapat terlibat dalam menentukan pembangunan dan berperan sebagai masyarakat Indonesia.

“Kami berharap dengan kegiatan ini anak-anak kami lebih menyadari lagi, lebih terpanggil untuk melaksanakan hak pilihnya, sehingga keterlibatan menentukan pembangunan dan sebagai masyarakat Indonesia bisa ikut,” pungkasnya. *ol3

Komentar