nusabali

Golkar Usulkan 4 Nama, Calon Wakil Ketua DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-golkar-usulkan-4-nama-calon-wakil-ketua-dprd-tabanan

Golkar Tabanan mengirimkan 4 nama anggota dewan terpilih, dari 3 nama yang diminta DPP. Diharapkan DPP yang memberikan bobot untuk direkomendasikan.

TABANAN, NusaBali
DPD II Golkar Kabupaten Tabanan mengusulkan empat nama calon wakil ketua (waket) DPRD Tabanan periode 2024–2029. Empat nama yang diusulkan adalah I Made Asta Dharma, I Ketut Budi Adnyana, I Nyoman Wirama, dan I Wayan Gindera.

Keempat nama tersebut telah disetorkan dan tinggal menunggu rekomendasi dari DPP Partai Golkar. Sementara untuk calon wakil ketua DPRD dari Partai Gerindra prosesnya masih sama dengan Partai Golkar. Saat ini masih menunggu rekomendasi dari DPP Partai Gerindra. 

Ketua DPD II Golkar Tabanan I Nyoman Wirya menegaskan nama calon wakil ketua DPRD dari Golkar masih menunggu rekomendasi. Namun, menurut Wirya, telah diusulkan empat nama dalam rapat pleno yang digelar pada Jumat (2/8) di kantor DPD II Golkar Tabanan. 

“Sebenarnya diminta tiga nama oleh pusat, karena kita memiliki empat anggota dewan, seluruhnya kami usulkan. Kalau hanya tiga nama saja kan sulit kita memilih, makanya dikirim empat, nanti DPP yang memberikan bobot untuk direkomendasikan,” ujar Wirya ketika dikonfirmasi Sabtu (3/8). 

Untuk itu saat ini Golkar Tabanan tinggal menunggu turunnya rekomendasi. Hanya saja Wirya belum bisa memastikan kapan rekomendasi turun. Lagi pula usai pelantikan DPRD Tabanan masih ada waktu sebulan ketua dan wakil dijabat pelaksana tugas (Plt).

“Kita belum tahu kapan turun rekomendasi ini, tinggal menunggu saja karena empat nama yang diusulkan telah disetorkan ke provinsi (DPD I Golkar Bali), dan provinsi yang meneruskan ke pusat,” ucap Wirya. 

DPD II Golkar Tabanan gelar rapat pleno usulkan empat nama calon wakil ketua dewan, di Kantor Golkar Tabanan, Jumat (2/8). –IST 
 
Dia berharap rekomendasi turun sesuai mekanisme. Artinya dalam posisi wakil ketua DPRD dari Golkar yang berhak itu adalah KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara). 

“Kita tak ingin seperti pengalaman sebelumnya yang tidak memiliki bobot (KSB) namanya turun. Kita gak mau seperti itu karena yang berhak dis ana (menduduki jabatan wakil ketua DPRD, Red) adalah KSB,” tandas politisi asal Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan ini. 

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Tabanan I Made Juliastrawan alias Wawan menegaskan rekomendasi untuk wakil ketua DPRD dari Gerindra belum turun. Gerindra Tabanan sifatnya menunggu keputusan dari pusat. 

“Belum turun. Kami menunggu, kemungkinan seminggu setelah pelantikan baru turun. Kami di Tabanan tidak ada nama yang diusulkan, karena pusat sudah tahu mana kader yang disiapkan,” tandasnya. 

Hasil Pileg 2024, PDI Perjuangan berhak atas jatah jabatan Ketua DPRD Tabanan, karena keluar sebagai jawara. Berdasarkan hasil Pileg 2024, PDIP mendominasi 31 kursi dari total 40 kursi DPRD Tabanan atau menguasai 77,45 persen suara parlemen. 

Sedangkan Golkar dan Gerindra masing-masing menguasai 4 kursi dan berhak mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD Tabanan. Sementara 1 kursi didapat Partai Demokrat. 7 des

Komentar