nusabali

Rangkaian Peringatan HUT Ke–79 RI di Kecamatan Tegallalang, Gianyar

‘Celuluk’ Semarakkan Lomba Gerak Jalan Inovatif

  • www.nusabali.com-rangkaian-peringatan-hut-ke-79-ri-di-kecamatan-tegallalang-gianyar

Lomba gerak jalan inovatif di Kecamatan Tegallalang ini merupakan agenda tahunan, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19 sejak 2020. Di 2024 ini lomba kembali digelar.

GIANYAR, NusaBali
Satu peleton pasukan Celuluk semarakkan lomba gerak jalan inovatif di Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Sabtu (3/8) pagi. Lomba gerak jalan yang digelar serangkaian peringatan HUT ke–79 Kemerdekaan RI ini diikuti 17 regu se–Kecamatan Tegallalang. Seluruh regu memakai kostum yang unik dan menarik.

Salah satu peserta, Dewa Gede, asal Desa Tegallalang mengatakan bahwa mereka ambil bagian dalam lomba gerak jalan inovatif ini dengan menggunakan busana topeng Bali yakni Celuluk. 

“Penampilan kami mengambil cerita Ramayana dan Rahwana. Tapi kami juga memakai busana topeng Celuluk untuk menambah kesan unik dan lucu,” ucap Dewa Gede. 

Dewa Gede beserta pasukan telah berlatih selama beberapa hari. “Selama dua hari dimantapkan menyiapkan diri untuk lomba gerak jalan inovatif ini,” imbuhnya. 

Lomba gerak jalan inovatif ini mengambil start dari depan Kantor Camat Tegallalang. Lomba gerak jalan inovatif ini diikuti oleh 17 grup yang berasal dari perwakilan setiap desa yang ada di Kecamatan Tegallalang. Menariknya, dalam lomba gerak jalan inovatif ini para peserta memakai busana yang cukup unik. Yakni memakai busana topeng Bali, busana tari Bali, dan busana-busana yang memiliki ciri khas Bali lainnya.

Camat Tegallalang Ni Wayan Trisna Dewi Handayani mengatakan bahwa lomba gerak jalan inovatif ini diikuti oleh 17 grup peserta. “Hari ini (Sabtu kemarin) kami melaksanakan kegiatan gerak jalan inovatif. Gerak jalan ini diikuti oleh 17 peserta. Masing-masing desa mengeluarkan dua peserta, putra dan putri, dimeriahkan juga dari perwakilan kecamatan dan peserta kehormatan dari SMK Negeri 1 Tegallalang,” kata Trisna Dewi.

Harapannya, diselenggarakannya lomba gerak jalan inovatif ini adalah untuk memberikan ruang berinovasi dan berkreativitas warga dalam menyambut HUT RI. Lomba gerak jalan inovatif ini merupakan agenda tahunan yang sangat dinantikan oleh warga, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19 sejak 2020. Pada tahun 2024 ini, lomba gerak jalan inovatif ini kembali dilaksanakan.

“(Peserta dan masyarakat) sangat antusias sekali. Ini bisa dilihat dari effort (upaya) peserta dalam menyiapkan pakaian untuk tampil. Jadi mereka menampilkan kesenian dan keunggulan hingga potensi masing-masing desa,” tandas Trisna Dewi. 7 nvi

Komentar