nusabali

Laga Final Borneo vs Arema, Minggu Malam Ini

Potensi Ajang Balas Dendam

  • www.nusabali.com-laga-final-borneo-vs-arema-minggu-malam-ini

Borneo sudah tiga kalinya menghadapi Arema FC di final Piala Presiden. Dari dua kesempatan itu, Pesut Etam selalu takluk dari Singo Edan. Kali ini tentu mereka tak ingin kembali terluka.

SOLO, NusaBali
Duel antara Borneo FC kontra Arema FC pada final Piala Presiden 2024 berpotensi jadi ajang balas dendam kubu Pesut Etam. Duel tersebut akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo,pada Minggu (4/8)  malam, pukul 20.30 WITA. 

Borneo sudah tiga kalinya bersua Arema FC di final Piala Presiden. Dari dua kesempatan itu, Pesut Etam selalu takluk dari Singo Edan. Kali ini tentu mereka tak ingin kembali terluka. Apalagi Borneo tampil meyakinkan sejak fase grup, dengan mencatat tiga kemenangan, sekali imbang, dan tak terkalahkan.

Di sisi lain, Arema FC juga dalam tren positif untuk kembali jadi kampiun. Mereka mencatatkan rekor 3 kemenangan, 1 imbang, serta belum sekalipun kalah. Selain itu, soal faktor sejarah, Arema FC punya rekor 100 persen kemenangan di final Piala Presiden. Sejauh ini Arema tercatat sebagai tim tersukses Piala Presiden dengan raihan tiga gelar. Singo Edan juga juara bertahan dalam dua edisi beruntun 2019 dan 2022. Kini Arema FC berpeluang meraih tiga gelar.
 
Namun ambisi Borneo membalaskan dendam kekalahan atas Arema dipastikan tak akan mudah. Pasalnya, Singo Edan menjelma menjadi salah satu kekuatan baru di bawah kendali pelatih baru, Joel Cornelli.

Arema FC juga belum pernah kalah dan menjadi tim terproduktif dengan 10 gol. Dengan dua kali kebobolan sejauh ini menempatkan Singo Edan sebagai tim tersolid, menyamai torehan Borneo. Mereka mempertontonkan gaya permainan bagus , baik saat menyerang maupun bertahan.

Efektivitas membuat Arema mampu melesakkan tujuh tembakan (5 on target) di semifinal lawan Persis, kendati hanya mencatatkan 39 persen penguasaan bola. Satu tembakan di antaranya berbuah gol, sedangkan satu gol lain tercipta dari blunder lawan.

Di laga final, Arema FC kemungkinan meningkatkan kemampuannya dalam bertahan. Mengingat sang calon lawan, Borneo sejauh ini tampil lebih agresif serta dominan dalam penguasaan bola.

Sepanjang empat laga, Borneo hampir selalu menciptakan minimal 60 persen ball possession. Hanya satu laga Pesut Etam mencatatkan penguasaan di bawah angka tersebut, yaitu saat meladeni Persis di laga pembuka. Itu pun torehan ball possession Borneo menyentuh angka 59 persen.

Dalam laga terbaru, Borneo dominan lewat 66 persen penguasaan bola kontra Persija. Dengan penguasaan itu, Pesut Etam menjebloskan 13 tembakan (5 on target), yang juga berbuah 2 gol. Satu sisi positif Borneo adalah mentalitas untuk menang. Terbukti, Borneo selalu menciptakan gol penentu di menit-menit akhir dalam tiga laga beruntun terbaru. 

Borneo tetap mengandalkan Stefano Lilipaly sebagai salah satu poros serangan tim. Lilipaly ditopang gelandang baru Berguinho, sebagai pengatur ritme tim. Lalu Leo Gaucho menjadi andalan di sektor serang. Fajar Fathurrahman jadi salah satu alternatif serangan dari lini flank.

Di sisi lain, Arema akan mengandalkan William Marcilio sebagai pengatur alur bola. Arkhan Fikri dan Julian Guevara menjadi opsi lain di barisan tengah. Lalu  Charles Lokolingoy dan Dalberto jadi penggedor di sektor serang.  

Secara keseluruhan, Borneo dan Arema sudah 18 kali bertemu di semua ajang. Pesut Etam unggul head to head dengan tujuh kemenangan, berbanding empat milik Singo Edan, dan sisanya berakhir imbang. Dalam duel terakhir Liga 1 musim lalu, Arema FC menang 2-1. 

Laga nanti diprediksi berjalan sengit. Berkaca rekor duel kedua tim, Borneo FC lebih diunggulkan, terlebih mereka belum terkalahkan sepanjang Piala Presiden 2024. Namun, Arema FC memiliki tuah tersendiri dalam ajang pramusim tersebut. Empat gelar juara menjadi bukti dominasi mereka di Piala Presiden.  *

Prediksi Susunan Pemain.
Arema FC (4-3-3): Lucas Frigeri; Jhon Alfarisi, Thales Lira, Choi Bo-kyung, Achmad Syarif; Willian Marcilio, Julian Guevara Munoz, Arkhan Fikri; Salim Akbar, Charles Lokolingoy, Dalberto. Pelatih: Joel Cornelli.

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata; Fajar Fathur Rahman, Christophe Nduwarugira, Ronaldo Rodrigues, Leo Guntara; Kei Hirose, Rivaldo Enero, Berguinho; Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Léo Gaúcho. Pelatih: Pieter Huistra.

Lima Laga Terakhir 
21/04/24 Borneo vs Arema FC 1-2
06/10/23 Arema FC vs Borneo 0-1
24/03/23 Arema FC vs Borneo 0-0
24/07/22 Borneo vs Arema FC 3-0
17/07/22 Borneo vs Arema FC 0-0

Komentar