nusabali

Lomba Gerak Jalan Semarakkan HUT ke-79 RI

  • www.nusabali.com-lomba-gerak-jalan-semarakkan-hut-ke-79-ri

GIANYAR, NusaBali - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar lomba gerak jalan indah dan gerak jalan ketepatan waktu tingkat SD, SMP, dan SMA/K se-Kabupaten Gianyar. Start di open stage Balai Budaya Gianyar dan finish di depan Puri Gianyar. Lomba dibuka Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, Senin (5/8) sore.

Mengawali semarak peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ditandai dengan lomba gerak jalan kreasi dan inovasi tingkat SMA/K putri. Rute yang dilalui mulai dari open stage Balai Budaya Gianyar ke selatan menuju Koramil Gianyar, belok kanan ke Jalan Astina menuju Jalan Kebo Iwa hingga berputar di Bypass Darma Giri Gianyar dan finish di depan Puri Gianyar. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, I Wayan Wirasa, mengatakan lomba mulai dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus hingga 11 Agustus 2024 dengan start di depan open stage Balai Budaya Gianyar dan finish di depan Puri Gianyar.

Lomba gerak jalan tingkat SD diikuti sebanyak 35 peleton putra dan 48 peleton putri. Tingkat SMP 29 peleton putra dan 25 peleton putri. Tingkat SMA/K diikuti 23 peleton putra dan 20 peleton putri. Lomba ini juga melibatkan 115 orang juri dari unsur TNI, Polri, guru olahraga, guru seni, dan KONI. Tujuan lomba gerak jalan di antaranya menggalang persatuan dan kesatuan, memupuk rasa nasionalisme, serta meningkatkan kerja sama di kalangan remaja dan pelajar menuju ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ sesuai tema peringatan HUT ke-79 RI. “Kegiatan ini sebagai pemacu generasi muda dalam mengamalkan nilai-nilai perjuangan di Hari Kemerdekaan, ini menjadi contoh generasi muda untuk terus berjuang membangun bangsa,” kata Wayan Wirasa.

Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa mengatakan, dalam sebuah perlombaan akan tersirat jiwa kompetitif yang patut ditanamkan dan diteladani oleh para peserta didik, seperti nilai kebersamaan, kekompakan, heroik, dan disiplin. “Nilai-nilai tersebut merupakan jiwa nasionalisme yang mengandung rasa persatuan dan kesatuan yang dapat berguna bagi diri sendiri, orang lain, dan bagi nusa dan bangsa,” kata Tagel Wirasa.

Tagel Wirasa menekankan pentingnya sportivitas yang baik antar peserta. “Kepada seluruh peserta lomba gerak jalan agar senantiasa menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam berlomba. Mari kita jaga bersama rangkaian HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2024 di Kabupaten Gianyar agar tetap tertib demi keselamatan bersama,” ujar Tagel Wirasa. 7 nvi

Komentar