nusabali

Hadapi Liga 1 Cukup dengan Tujuh Pemain Asing, Bali United Tanpa Ujicoba Lagi

  • www.nusabali.com-hadapi-liga-1-cukup-dengan-tujuh-pemain-asing-bali-united-tanpa-ujicoba-lagi

Ujicoba sudah cukup untuk memanaskan kesiapan pemain menghadapi kompetisi Liga 1. Selain itu, tiga laga di Piala Presiden 2024 juga cukup bagi tim untuk modal berlaga.

GIANYAR, NusaBali
Jelang hadapi musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025, Bali United tidak mengagendakan pertandingan ujicoba untuk mencegah terjadinya pemain cedera. Skuad Serdadu Tridatu juga dipastikan hanya menggunakan tujuh dari delapan jatah atau kuota pemain asing.

“Liga 1 sudah dekat. Risiko ada ujicoba yaitu pemain cedera, saya tidak mau itu,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra, di Gianyar, Senin (5/8).

Menurut Teco, skuad Serdadu Tridatu pada Jumat (2/8) telah menjalani ujicoba tertutup melawan tim promosi PSBS Biak di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Dia menilai, ujicoba sudah cukup untuk memanaskan kesiapan pemain menghadapi kompetisi Liga 1.

Selain itu, tiga laga dalam Piala Presiden 2024 juga cukup bagi tim untuk berlaga. Dalam pramusim itu, Bali United kandas di penyisihan grup B dan menjadi juru kunci grup.

“Dari tiga pertandingan Piala Presiden, kami sudah lebih bagus. Menurut saya proses sudah cukup bagus,” kata pelatih asal Brasil itu.

Sebagai salah satu kesiapan, kata Teco, seluruh tim menjajal latihan fisik di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar. Latihan bersama itu juga diharapkan membangun chemsitry atau keserasian antara pemain lama dan baru.

Sementara itu, manajemen Bali United menyebutkan, tujuh pemain asing yang sudah bergabung dinilai mencukupi kuota tim untuk berlaga di kompetisi Liga 1.

“Untuk saat ini kami ada tujuh (pemain asing) cukup. Menurut saya cukup karena yang main di lapangan juga enam,” kata CEO Bali United Yabes Tanuri, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu. 

Teco pun menambahkan tujuh pemain asing tersebut sudah mengikuti latihan bersama di Pemusatan Latihan Pantai Purnama, Gianyar. Pemain asing baru yang diumumkan ada empat orang, yakni Mitsuru Maruoka, Kenzo Nambu, keduanya berkewarganegaraan Jepang. Lalu Brandon Wilson asal Botswana dan Everton Nascimento asal Brasil.

Pemain asing itu menambah komposisi tiga pemain asing lama yang masih bertahan, yakni Adilson Maringa (Brasil), Privat Mbarga (Kamboha), dan Elias Dolah (Thailand). Sedangkan pemain lokal yang baru adalah Fitrul Dwi Rustapa dan Bagas Adi Nugroho.

Total saat ini Bali United memiliki 32 skuad utama yang dikerahkan untuk berlaga di kompetisi kasta teratas Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

“Kami ada beberapa pemain baru. Kami buat latihan agar mereka bisa ada chemistry (serasi),” kata Teco.

Bali United dijadwalkan menjalani pertandingan tandang perdana Liga 1 Indonesia 2024/2025 dengan melawan Persik Kediri pada 11 Agustus 2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur.

Sebelumnya, penyelenggara kompetisi Liga 1 Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberlakukan aturan maksimal delapan pemain asing untuk satu klub Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Dengan ketentuan, enam pemain asing bermain dan dua pemain asing duduk di bangku cadangan yang bertugas menggantikan sesama pemain asing. Aturan ini berbeda dibandingkan kompetisi sebelumnya yakni pemain asing bisa menggantikan pemain lokal dan sebaliknya.

Salah satu pemain asing Bali United Elias Dolah mengaku bangga dapat kembali berseragam Serdadu Tridatu di musim ini. Dalam tahun kedua berkarier di Indonesia, bek Timnas Thailand tersebut ingin memasang target serius untuk Serdadu Tridatu.

“Tidak melupakan musim lalu, kami akan berjuang kembali di papan atas dan mungkin lebih baik dari musim sebelumnya,” kata Dolah. *

Komentar