nusabali

Dinas PUPR Badung Fokus pada Empat Item, Terkait Penanganan Keretakan Tebing Pura Luhur Uluwatu

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-badung-fokus-pada-empat-item-terkait-penanganan-keretakan-tebing-pura-luhur-uluwatu

Setelah upacara mapekelem di Pura Segara Dalem Pangleburan Pantai Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, pengerjaan sudah mulai dilakukan di lapangan.

MANGUPURA, NusaBali
Proyek penanganan keretakan tebing Pura Luhur Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, rupanya tidak hanya terfokus pada penanganan keretakan saja. Namun, ada item lain yang juga bakal ditangani. Proyek ini pun sudah disiapkan anggaran Rp 78.642.040.886, bersumber dari APBD Badung.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Badung AA Rama Putra, mengatakan ada empat item yang akan dikerjakan. Terdiri dari jalan akses menuju pantai, revetment, penanganan tebing di bawah Pura Luhur Uluwatu, dan renovasi Pura Beji.

Dia menjelaskan, jalan akses menuju pantai tersebut digunakan untuk menunjang mobilisasi material pelaksanaan kegiatan. “Mengingat tingkat kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut, sehingga memerlukan jalan untuk akses dengan tinggi tebing kurang lebih 70 meter,” jelas Gung Rama, Senin (5/8) siang.

Gung Rama melanjutkan untuk pekerjaan revetment dimaksudkan untuk mereduksi kerusakan atau erosi pada kaki tebing akibat hantaman gelombang laut. Sedangkan untuk penanganan tebing di bawah Pura Luhur Uluwatu, Gung Rama mengatakan pengerjaan tersebut dilakukan atas pertimbangan bahwa keretakan tebing merupakan hal yang harus disikapi melalui analisa dan solusi pasti. “Hal ini dilakukan dengan mempertahankan nilai religius dan kepastian keselamatan Pura Luhur Uluwatu,” tambahnya.

Sementara, untuk pengerjaan terakhir adalah renovasi Pura Beji yang merupakan bagian dari Uluwatu. Gung Rama menjelaskan jika renovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kondisi dan pelayanan bagi kegiatan ritual keagamaan di Pura Luhur Uluwatu.

“Setelah prosesi mapekelem kemarin, pengerjaan sudah mulai dilakukan di lapangan,” katanya.

Sehari sebelumnya atau pada Minggu (5/8), pemerintah Kabupaten (Pemda) Badung melaksanakan upacara mapekelem di Pura Segara Dalem Pangleburan Pantai Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan. Ini sebagai penanda dimulainya proyek tersebut. Proye ini ditarget rampung akhir tahun 2024. 7 ol3

Komentar