nusabali

Semara Putra Pilih Gabung Fraksi Golkar

  • www.nusabali.com-semara-putra-pilih-gabung-fraksi-golkar

TABANAN, NusaBali - Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 rupanya tak membuat Partai Demokrat tenggelam di Tabanan.

Demokrat masih bisa menyelamatkan satu kursi di DPRD Tabanan melalui I Ketut Semara Putra dari Dapil Tabanan III (Penebel-Baturiti). Semara Putra berhasil merebut kursi DPRD Tabanan untuk kedua kalinya. Raihan ini sama dengan Pileg 2019, Demokrat hanya mampu kirim 1 wakil ke DPRD Tabanan melalui figur yang sama, yakni Semara Putra. Dia pun telah dilantik pada, Senin (5/8) untuk masa bakti 2024-2029. Lalu akan bergabung ke fraksi mana satu-satunya wakil Demokrat di DPRD Tabanan ini? 

Ditemui di sela-sela acara pelantikan di Gedung DPRD Tabanan, Senin (5/8) Semara Putra mengatakan akan memilih bergabung ke Fraksi Golkar. Dia mengakui telah melakukan koordinasi dengan Golkar. "Saya memilih ke Golkar bukan gimana-gimana, namun mencari titik nyaman saja," tandas Politisi asal Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan ini. 

Semara Putra pada Pileg 2024 berhasil mendulang 2.787 suara. Capaian ini diakui lebih tinggi dari hasil Pileg 2019 yang hanya 2.600. Semara Putra adalah satu-satunya caleg Demokrat yang berhasil lolos untuk periode keduanya di DPRD Tabanan. Tentunya capaian tersebut disyukuri Ketut Semara Putra. Meskipun dalam mendulang suara diakui dalam posisi terjepit karena PDIP di Tabanan mendulang suara paling banyak. 

"Saya bersyukur secara pribadi bisa kembali lolos dan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayai saya kembali," ujarnya. Dia berharap dengan capaian ini Partai Demokrat di Tabanan bisa terus eksis. Meskipun dia kembali menegaskan untuk mendulang suara di Pileg 2024 diakui sangat sulit. Terlebih lagi dia sendiri dalam urusan kampanye ke masyarakat, tidak membawa apapun dan tidak kebagian hibah. 

"Harapan kita ke depan, marilah bersama-sama kalau ada 'kue' dibagi sedikit," harap Semara Putra. Kendatipun demikian karena dia telah dipercayai kembali menjadi wakil rakyat tentu kesempatan tersebut bakal dipergunakan untuk menjembatani aspirasi masyarakat. "Apapun aspirasi masyarakat kita akan kawal terus," tegas politisi Demokrat kelahiran 6 Januari 1971 ini. 

Keberhasilan Ketut Semara Putra ini praktis jadi penyelamat muka Demokrat di Tabanan, baik di Pileg 2019 dan 2024. Sebelumnya Demokrat sempat berjaya di Tabanan dalam Pileg 2014 silam. Kala itu Demokrat sukses melahirkan satu fraksi dengan 4 kursi DPRD Tabanan 2014-2019 melalui I Gusti Made Purnayasa (Dapil IV Kediri-Marga), I Wayan Dharma Wiasa (Dapil I Tabanan-Kerambitan), Gede Rimayasa (Dapil II Selemadeg Raya-Pupuan), dan I Made Yasa (Dapil III Penebel-Baturiti). Namun di Pileg 2019, keempat caleg incumbent ini tumbang. Untuk saja hadir new comer Ketut Semara Putra yang lolos ke DPRD Tabanan sekaligus menyelamatkan ‘muka’ Demokrat di Tabanan. Di Pileg 2024, Semara Putra seolah mengulang raihannya di Pileg 2019. Dia juga satu-satunya caleg Demokrat yang berhasil duduki kursi DPRD Tabanan. 

Untuk diketahui dalam Pileg 2024 sebanyak empat partai politik (Parpol) berhasil mengirim kadernya ke DPRD Tabanan. 40 kursi DPRD Tabanan periode 2024-2029, terdiri atas PDI Perjuangan (PDIP) meraih 31 kursi (77,50%), Partai Golkar 4 kursi (10,00%), Partai Gerindra 4 kursi (10,00%), dan Partai Demokrat hanya meraih 1 kursi (2,50%). 7 des

Komentar