nusabali

Jalur Pedharman Besakih Dipasangi Saluran Air

  • www.nusabali.com-jalur-pedharman-besakih-dipasangi-saluran-air

Syukur ada proyek penataan untuk jalan air. Selama ini jika hujan turun, air meluap di jalur itu hingga pamedek dan wisatawan sangat terganggu.

AMLAPURA, NusaBali - Jalur Pura Pedharman, kompleks Pura Agung Besakih, Karangasem, kini dipasangi material u-ditch untuk memudahkan saluran air aat hujan. Karena selama ini jika terjadi hujan, air meluber di atas jalan. 

Saluran air yang ada terlalu kecil hingga tidak mampu menampung volume air dari bagian atas. Pantauan di lokasi, Selasa (6/8), sekitar 24 pekerja memasang u-ditch untuk gorong-gorong dengan lembar sekitar 50 cm dan panjang 400 meter. ‘’Proyek dari Dinas PUPR Provinsi Bali. Pekerjaan dimulai dari bawah, depan Pura Pedharman Ratu Penyarikan, berlanjut di depan Pura Pedharman Pasek, dan seterusnya," jelas Koordinator Pamangku di Pura Besakih Jro Gede Artayasa, di Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (6/8).

Karena pyoyek itu, pamedek yang melintas di jalur Pura Pedharman dan wisatawan, agak terhambat. Karena jalan sedang dijejali material di kanan dan kiri. Terlebih lagi beberapa pedagang menjajakan makanan ringan, minuman dan canang, hinga jalur itu makin sumpek.

Jro Gede Artayasa mengatakan, saat hujan air mengalir dari hulu Pura Penataran Agung Besakih hingga ke jaba Pura Penataran Agung Besakih. Air tersebut melintasi jalur kompleks Pura Pedharman Besakih. U-ditch yang dipasang merupakan produk beton pracetak yang dibuat menyerupai huruf U. Beton ini dilengkapi tulangan dan cor beton. 

"Syukur ada proyek penataan untuk jalan air. Selama ini jika hujan turun, air meluap di jalur itu hingga pamedek dan wisatawan sangat terganggu," jelas Jro Gede Artayasa.

Kepala Badan Pengelola Objek Wisata Pura Besakih I Gusti Lanang Muliarta menyambut baik proyek itu. Karena jalan menuju hulu Pura Penataran Agung Besakih merupakan tanjakan. Sebaliknya, dari utara ke selatan merupukan jalan menurun sehingga jika hujan air akan deras meluber di jalur itu.

Kata dia, bukan saja di jalur Pura Pedharman. air juga meluber di jalur keluar dari Pura Penataran Agung Besakih. Sebab belum ada saluran air yang memadai. Bahkan, jalur keluar dari Pura Penataran Agung Besakih, berupa anak tangga, lebih menyulitkan saat melintas.7k16

Komentar