nusabali

Masuk Museum Gratis di Bulan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-masuk-museum-gratis-di-bulan-kebangsaan

DENPASAR, NusaBali - Dinas Kebudayaan Provinsi Bali merayakan HUT ke–79 RI dan Hari Jadi ke–66 Provinsi Bali kdengan menggratiskan tiket masuk ke tiga museum yang dikelolanya.

Para pengunjung bebas mengeksplorasi berbagai koleksi Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB) atau Monumen Bajra Sandhi, Museum Bali, dan Museum Le Mayeur, pada 14 – 18 Agustus 2024. 

“Momen ini tentu harapannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk datang, mengenal lebih dekat isi monumen (diorama) atau koleksi museum,” ujar Kepala UPTD MPRB I Made Artana Yasa, Selasa (6/8). 

Dia menambahkan, sebagai media strategis untuk memberikan pembelajaran secara informal kepada masyarakat, momen ini juga bertujuan agar monumen dan museum lebih dikenal oleh masyarakat.

Monumen Bajra Sandhi sendiri memiliki 33 koleksi diorama yang merekonstruksi perjuangan rakyat Bali melawan penjajah. Selain itu juga ada ruang pantau (bird view) di lantai tiga monumen setinggi 45 meter ini. 

Sementara Museum Bali yang berusia 91 tahun saat ini menyimpan 14.542 koleksi, kebanyakan berupa benda etnografi upacara keagamaan di Bali. Sedangkan, Museum Le Mayeur merupakan museum khusus yang berisi lukisan-lukisan gaya impresionis, karya Adrien Jean Le Mayeur de Merpres, seorang pelukis asal Belgia yang lama menetap di Sanur. 

Meski selama ini pengunjung didominasi kalangan pelajar, Artana Yasa berharap masyarakat luas dapat memanfaatkan kesempatan mengunjungi museum tanpa dipungut biaya. 

Artana Yasa yang dalam beberapa waktu terakhir sempat menjabat Plt Museum Bali dan Museum Le Mayeur ini menyebut tidak ada atraksi khusus yang disiapkan untuk menyambut pengunjung dalam masa Bulan Kebangsaan. Tetapi, pada saat tiket masuk digratiskan nanti, Monumen Bajra Sandhi akan menggelar pameran temporer dengan mengusung tema ‘Sangasara Bali Purwa Rajya’ yang menggambarkan jejak peradaban Bali kuno. “Juga ada kegiatan belajar di museum dengan mengundang pelajar di seputaran Kota Denpasar,” tandasnya. 7 a

Komentar