nusabali

Doa Akbar Gaungkan Pilkada Damai

  • www.nusabali.com-doa-akbar-gaungkan-pilkada-damai

Semua masyarakat Jembrana agar memerangi akun-akun medosesyang menyebar hoax dan ujaran kebencian sehingga Pilkada di Jembrana dapat berjalan dengan damai.

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana bersinergi dengan Pemkab Jembrana dan Kodim 1617/Jembrana menggelar acara doa akbar di panggung terbuka Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, Jembrana, Selasa (6/8) malam. Dipadati ribuan umat Muslim seantero Jembrana, doa akbar yang disi dengan doa lintas agama ini bertujuan mendoakan suasana Pilkada yang aman dan damai.

Dalam acara itu, diisi penampilan tarian nusantara, qasidah, kolaborasi hadrah TNI/Polri bersama santri, musik religi, dan sosialisasi Pilkada damai. Pada puncak acara juga ada ceramah dari pendakwah kondang yang kerap mengisi berbagai program acara ceramah di televisi nasional, yakni Ustadz Wijanarko. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, dan Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf M Adriansyah.

Pada acara tersebut, Bupati Tamba mengajak seluruh umat untuk senantiasa kompak dalam kebersamaan menyongsong Jembrana Emas 2026. Menurutnya, berbagai indikator sudah tampak untuk mewujudkan Jembrana Emas. "Saya bertekad, Alhamdulilah saya didukung, kita akan selalu beriringan bersama untuk mewujudkan Jembrana Emas yang kita impikan, yang kita cita-citakan bersama, amin," ungkapnya seraya memohon doa agar kontestasi Pilkada di Jembrana berjalan aman dan lancar.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menuturkan di Kabupaten Jembrana harmonisasi antar umat beragama sangat terjalin dengan baik. Untuk itu, ia ingin berlaku adil satu dengan yang lain tanpa membeda-bedakan. "Kami sedikit sampaikan dari tahun 2021 sampai 2024 ini kami sudah membantu rekan umat Muslim hampir Rp 15 miliar anggaran yang kami keluarkan. Itu tersebar ada kegiatan membangun mushola-masjid, kegiatan Hari Raya Idul Adha, kegiatan untuk guru ngaji yang diberikan insentif, termasuk pemberangkatan jamaah haji juga kami sediakan fasilitasnya, dan termasuk juga kegiatan-kegiatan budaya," ujarnya.


Sementara Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang telah mendukung acara ini. Pihaknya menambahkan, acara ini merupakan inisiatif bersama Bapak Bupati, karena setiap kerja keras harus diimbangi dengan doa.

AKBP Endang Tri Purwanto juga mengingatkan situasi politik di Jembrana sudah mulai hangat, khususnya di media sosial. Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat Jembrana agar memerangi akun-akun medosesyang menyebar hoax dan ujaran kebencian sehingga Pilkada di Jembrana dapat berjalan dengan damai.

"Tentunya kami dari jajaran Polres Jembrana akan terus melaksanakan patroli media sosial. Kami akan memantau akun-akun yang terus menyebarkan gosip atau ujaran kebencian. Jadi kami sarankan mulai sekarang sudah redam. Kita sama-sama anak Jembrana, kita bangun Jembrana," ujar AKBP Endang.

Sedangkan Ustaz Wijanarko dalam ceramahnya, menyampaikan bahwa selain doa, dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026 dibutuhkan kekompakan, kebersamaan dan fokus. Begitu pula dalam menyukseskan Pilkada ini dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan seluruh pemangku kepentingan di Jembrana. "Allah akan memberkahi satu tempat kalau ada kebersamaan. Biarkan di tempat lain tidak kompak. Di Jembrana harus kompak dan Indonesia kompak mulai dari Jembrana," ujarnya.

Ustadz kondang asal Surakarta, Jawa Tengah, ini juga mengaku bangga bisa hadir dan berdakwah dihadapan ribuan umat muslim di Jembrana. Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu taat kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. "Mari bersatu agar Jembrana semakin ayem tentrem dan apa yang di cita-citakan semoga terwujud," ucapnya.7ode

Komentar