nusabali

22 Regu Bersaing Berlomba Napak Tilas 2024

  • www.nusabali.com-22-regu-bersaing-berlomba-napak-tilas-2024

AMLAPURA, NusaBali - 2 regu mendaftar untuk bersaing dalam Lomba Napak Tilas menyusuri jalur perjuangan pahlawan Ciung Wanara tahun 2024. Lomba ini serangkaian merayakan HUT ke-79 RI.

Tersedia total hadiah Rp 90 juta, dipastikan pemenangnya akan mendapatkan hadiah. Berbeda dengan tahun 2023, pemenangnya nihil hadiah karena terjadi transisi pelaksanaan, dari Disdikpora Karangasem ke Kesbangpol.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan I Nyoman Adil, menegaskan hal itu usai pertemuan teknik dengan para peserta lomba di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (7/8).

Dari 22 regu itu, terbagi menjadi 11 regu putra dan 11 regu putri. Peserta ini mengalami kenaikan di bandingkan dalam lomba tahun 2023, hanya diikuti 20 regu, masing-masing 11 regu putra dan 9 regu putri. Di samping total hadiah juga meningkat di tahun 2023 sebesar Rp 60 juta kali ini Rp 90 juta.

"Nanti lomba dilepas di Lapangan Banjar Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, usai apel, Kamis (15 Agustus), selanjutnya menyusuri jalur perjuangan pahlawan Ciung Wanara, dan berakhir di Lapangan Tanah Aron, Sabtu (17 Agustus)," jelasnya.

Kaya Adil, rute lomba sama dengan tahun-tahun sebelumnya, lomba berlangsung mulai, Kamis (15 Agustus) start di Banjar Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, seusai apel, selanjutnya menyusuri jalan setapak kemudian menginap di SDN 1 Sebudi, Kecamatan Selat. Perjalanan berikutnya Jumat (16 Agustus) melanjutkan perjalanan dan menginap di Pura Laga, Banjar Laga, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang dan menginap di sana, selanjutnya Sabtu (17 Agustus) pagi melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Tanah Aron Amlapura, langsung ikut Apel HUT ke-79 RI.

"Kami mengapresiasi kepada para peserta dari kalangan pelajar SMA dan SMK, yang telah antusias menyatakan ikut dalam lomba, di samping itu jumlah peserta tahun 2024 mengalami peningkatan," tambahnya.


Tersedia hadiah untuk juara I regu putra dan putri masing-masing Rp 20 juta, juara II untuk putra dan putri masing-masing Rp 15 juta, dan juara III masing-masing Rp 10 juta, total tersedia anggaran Rp 90 juta.

Juara bertahan putra dan putri, SMAN 1 Amlapura melalui Kasek I Ketut Marta Ariana mengaku telah siap mempertahankan gelar juaranya. "Anak-anak telah berlatih optimal, secara teknis tidak ada kendala dan siap mempertahankan gelar juara yang dimenangkan tahun 2023," jelas Kasek Marta Ariana.

Regu putra napak tilas SMAN 1 Amlapura yang merupakan juara tahun 2017, 2018 dan 2019, kembali juara tahun 2023. Sedangkan regu putri SMAN 1 Amlapura yang juara tahun 2023.

Di bagian lain, Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa juga mengaku telah siap mengikuti lomba napak tilas. Apalagi telah tuntas melakukan seleksi, melibatkan 23 putra yang tersisa 13 siswa, dan 18 putra yang tersisa 14 siswa, nantinya tiap regu isinya 10 siswa. "Anak-anak telah optimal berlatih dan siap ikut lomba," jelasnya.7k16

Komentar