nusabali

Genap 64 Tahun, SMAN 1 Denpasar Rayakan dengan Segudang Prestasi

  • www.nusabali.com-genap-64-tahun-sman-1-denpasar-rayakan-dengan-segudang-prestasi

DENPASAR, NusaBali - SMA Negeri 1 Denpasar (Smansa) merayakan HUT ke-64 pada 8 Agustus 2024 hari ini dengan pencapaian mengagumkan selama setahun terakhir.

Dengan segudang pencapaian di berbagai bidang, Smansa terus membuktikan diri sebagai salah satu sekolah unggul di Bali maupun di tingkat nasional. 

Prestasi terbaru yang paling membanggakan adalah keberhasilan tujuh siswa Smansa yang mewakili Bali ke ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada bidang matematika, kimia, fisika, biologi, dan ekonomi. Tujuh orang siswa tersebut adalah I Putu Dickson Partha Hartopo, I Kadek Andhika Ary Wiguna, Kadek Aditya Atmaja Putra Prasetya, I Putu Bagus Surya Nata, I Wayan Wahyu Amerta, I Nyoman Bayu Udiyana, dan Kadek Nasya Kanti Nariswari.

Tidak hanya di tingkat nasional, siswa Smansa menorehkan berbagai prestasi pada ajang bergengsi tingkat internasional, utamanya dalam bidang penelitian. Siswa Smansa sudah terbiasa berlomba di berbagai negara seperti China, Jepang, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

“Prestasi ini tentu saja menunjukkan kualitas pendidikan dan semangat inovasi yang tinggi di kalangan generasi muda Smansa,” ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Denpasar Made Rida SPd, MPd, Rabu (7/8). 

Di bidang seni, Smansa juga tidak kalah berprestasi. Setidaknya ada lima orang siswa yang berhasil menjadi wakil Provinsi Bali dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Ni Putu Yuni Paramitha Juara I Lomba Desain Poster, I Putu Mahatma Satria Wibawa Juara I Menulis Cerita Pendek, I Kadek Shellon Arya Dwinata Juara II Lomba Menyanyi Solo Putra, Ni Kadek Aruna Indri Nadia Devi Juara II Lomba Membuat Komik Digital, dan Ni Kadek Aruna Indri Nadia Dewi Juara II Lomba Film Pendek Tahun 2024. Mereka ini nantinya yang akan mewakili Bali dalam lomba FLS2N ke tingkat nasional tahun 2024. 

“Prestasi seni ini tidak hanya dapat mengembangkan bakat siswa tetapi juga memperkuat identitas budaya Bali di panggung nasional,” kata Rida. 

Olahraga juga menjadi salah satu bidang yang menonjol di SMAN 1 Denpasar. Prestasi di bidang renang, basket, dan bulu tangkis semakin menambah deretan penghargaan yang berhasil diraih oleh Smansa. Tahun ini, dua orang siswa Smansa mewakili Bali di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). I Putu Satya Wiweka Adnyana berkompetisi di cabang bulu tangkis, sementara I Made Wira Subali Dirgantara berkompetisi di cabang renang.

Pencapaian lain yang sangat membanggakan adalah keberhasilan siswa Smansa meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) selama tiga tahun berturut-turut. Tahun 2023 siswa atas nama I Komang Ayu Ista Triyana diterima di Universitas New South Wales Australia dan Norine Maeda di University of Toronto Kanada. 

Tahun 2024 Putu Kavya Santha Guna di University of Sydney, Ketut Rayana Rahadiva Diana di National University of Singapore, dan 

Made Laksmi Priyahita (Kedokteran Umum UGM). Sementara siswa BIM 2024 yang sedang karantina di Jakarta atas nama I Kadek Andika Ary Wiguna, I Putu Dickson Partha Hartopo, I Wayan Mangku Indra Nandana Sanjaya, dan Putu Audrey Charisma Hootara. Perolehan tersebut mengantarkan SMAN 1 Denpasar menjadi sekolah dengan siswa terbanyak yang lolos BIM.

Rida mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian anak didiknya tersebut. Rida mengaku selalu mendukung dan menyediakan berbagai fasilitas di sekolah untuk menunjang bakat dan minat siswa. 

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, SMA Negeri 1 Denpasar tidak hanya membanggakan Bali tetapi juga Indonesia di kancah internasional. Semangat dan dedikasi seluruh civitas akademika Smansa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi siswa, baik dari segi akademik maupun nonakademik,” tandas Rida. @ a

Komentar