nusabali

Lampu PJU Diperbaiki Jelang Lomba Gerak Jalan 45 Km

  • www.nusabali.com-lampu-pju-diperbaiki-jelang-lomba-gerak-jalan-45-km

SINGARAJA NusaBali - Dinas Perhubungan Dishub Kabupaten Buleleng memperbaiki sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU).

Lampu-lampu tersebut diperbaiki menjelang pelaksanaan lomba gerak jalan 45 kilometer.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Buleleng kembali menggelar lomba gerak jalan 45 kilometer, dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI. Rute gerak jalan tersebut mengambil ruas jalan dari Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, hingga ke Kota Singaraja. Sesuai jadwal, lomba gerak jalan rute terpanjang ini berlangsung pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Kepala Dishub Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan AP mengatakan, jika lampu penerangan di ruas jalan Raya Singaraja - Gilimanuk tepatnya dari Desa Celukan Bawang hingga Kota Singaraja, memang banyak yang mengalami kerusakan. “Kerusakannya bervariasi, mulai dari 1 hingga 5 bulan,” kata dia, Rabu (7/8) siang di Kota Singaraja.

Ia menyebutkan, penyebab kerusakan lampu-lampu itu pun bervariasi. Mulai dari faktor alam hingga teknis. “Penyebabnya karena imbas angin puting beliung hingga tersambar petir,” ungkap dia.

Kata Gunawan, dari hasil inventarisasi total ada 52 titik lampu di sepanjang ruas jalan di Desa Celukan Bawang hingga Kota Singaraja, yang mati ataupun harus diperbaiki. Upaya perbaikan dilakukan secara berkala, dan saat ini, ia memastikan seluruh lampu tersebut sudah kembali aktif. 

Ia menambahkan, menjelang pelaksanaan lomba gerak jalan 45 kilometer, pihaknya mendapat perintah dari Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana untuk perbaikan lampu. Pada APBD Perubahan 2024, Dishub Buleleng mendapat tambahan anggaran sebesar Rp 73 juta lebih.

"Ini sudah kerja sejak hari Jumat lalu. Kami sudah survei, kami perbaiki secara berkala, dan kami juga menghidupkan lampu supaya pada saat gerak jalan 45 kilometer lampu itu menyala. Senin kemarin kami cek dari Celukan Bawang sampai dengan finish, itu semua sudah nyala,” ungkapnya.

Gunawan membantah jika perbaikan lampu jalan itu hanya dilakukan pada saat ada kegiatan saja. Ia menjelaskan sejatinya sudah beberapa kali mengusulkan, namun karena ada prioritas lain makanya belum dianggarkan. Sedangkan pada saat rapat jelang lomba gerak jalan kondisi ruas jalur itu gelap dan sangat rawan.

“Atas kondisi itu, kami dianggarkan di APBD perubahan senilai Rp 73 juta khusus untuk gerak jalan 45. Perbaikan ini atas dasar keselamatan dan keamanan para peserta. Kami membantu memfasilitasi seperti itu,” ucap dia.7 mzk

Komentar