nusabali

PSSI Respon Positif Pelatih Striker

  • www.nusabali.com-pssi-respon-positif-pelatih-striker

Erick menyoroti lini depan Timnas saat kalah 0-2 dari Irak pada dalam Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim bermain menyerang dan tidak bisa cetak gol, di babak kedua malah kebobolan dua kali.

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum (Ketum) PSS, Erick Thohir merespons positif keputusan Shin Tae-yong (STY) mengangkat asisten pelatih baru khusus untuk striker Timnas Indonesia. Asisten STY itu, yakni Yeom Ki-hun (41 tahun), yang saat ini melatih Suwon Samsung Bluewings di Liga Korea Selatan.

"Untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia, kami harus memperkuat tim kepelatihan. Ya kedokteran, medis, pelatih. Kalau kami melihat salah satu kelemahan saat bermain beberapa kali," ujar Erick Thohir kepada wartawan, Senin (7/8).

Erick pun menyoroti lini depan Timnas saat kalah 0-2 dari Irak pada 6 Juni 2024 dalam Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tim bermain menyerang dan tidak bisa cetak gol, tapi di babak kedua malah kebobolan dua kali.

Erick Thohir mengatakan, Yeom Ki-hun akan bertugas mengasah ketajaman para pemain depan Indonesia. Jadi dia pelatih khusus penyerang atau striker. 

Sebagai pelatih, Yeom Ki-hun belum punya catatan mentereng. Namun, sebagai pemain, dia punya karier gemilang. Dia pernah jadi andalan Timnas Korea Selatan. Seperti STY, Yeom Ki-hun juga mantan pemain di lini serang. Yeom Ki-hun sebagai winger. Namun, mereka dari generasi berbeda.

Yeom Ki-hun tercatat sebagai pemain Timnas Korsel pada periode 2006-2018. Kariernya Timnas Korsel cukup panjang, dengan mencatat 57 caps dan mencetak lima gol.

Salah satu periode penting dalam karier Yeom Ki-hun terjadi pada 2010. Saat itu, dia dipercaya pelatih Huh Jung-moo masuk skuad Korsel dan lolos 16 besar Piala Dunia 2010. Yeom Ki-hun pun selalu jadi andalan lini depan, khususnya winger. Dia bermain penuh saat Korsel dilibas Argentina 1-4, dengan menghadapi Lionel Messi dan Angel Di Maria di fase grup. Yeom Ki-hun mendapat kartu kuning pada menit ke-9. 

Yeom Ki-hun baru pensiun sebagai pemain pada 2023. Dia punya karier sangat panjang. Setelah itu Yeom Ki-hun dipercaya menjadi asisten pelatih Suwon Bluewings, klub terakhir yang dibelanya sebagai pemain.

Pada Januari 2024, Yeom Ki-hun mendapat jabatan baru di Suwon Bluewings yakni pelatih kepala. Namun, dia hanya memimpin klub pada 16 laga sebelum akhirnya berpisah dengan Suwon Bluewings.

Kini, Yeom Ki-hun melanjutkan karier sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia. Dari duel melawan Lionel Messi di Piala Dunia 2010, Yeom Ki-hun akan jadi pelatih bagi Egy Maulana Vikri yang dulu dapat julukan 'Messi dari Indonesia'.

Sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, STY tentu tidak bisa bekerja sendirian. Dia punya asisten dengan pembagian tugas khusus, seperti Yoo Jae-hoon, yang dapat tugas sebagai pelatih kiper. Selain itu, eks pemain Persipura Jayapura itu juga sering membantu tim pelatih menerjemahkan instruksi STY kepada para pemain.

STY bersama Yeom Ki-hun akan datang ke Indonesia dari Korea Selatan pada medio Agustus 2024 untuk mempersiapkan Timnas di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024. *

Tim Kepelatihan Indonesia: 
1. Shin Tae-yong (pelatih kepala)
2. Nova Arianto (asisten pelatih)
3. Choi In-chul (asisten pelatih)
4. Jo Byeong-guk (asisten pelatih)
5. Yoo Jae-hoon (pelatih kiper)
6. Kim Bong-soo (pelatih kiper)
7. Shin Sang-gyu (pelatih fisik)
8. Yeom Ki-hun (pelatih striker)

Komentar