nusabali

Anggaran BBM Angkut Sampah Ditambah Rp 500 Juta

  • www.nusabali.com-anggaran-bbm-angkut-sampah-ditambah-rp-500-juta

BANGLI, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli mendapatkan tambahan anggaran pada APBD Perubahan 2024 sebesar Rp 500 juta untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) angkut sampah. Dengan adanya tambahan anggaran BBM  ini diharapkan penanganan sampah makin optimal.

Kepala DLH Bangli Putu Ganda Wijaya mengakui pada APBD  2024 dialokasikan anggaran untuk pembelian BBM jenis dexlite sebesar Rp 402 juta. Anggaran yang tersedia sudah terserap semua. Oleh karena itu, pada APBD Perubahan kembali dialokasikan tambahan pembelian BBM sebesar Rp 500 juta.

"Estimasi anggaran untuk pembelian BBM Rp 2,8 juta  per hari dan bisa lebih. Ini tergantung dari volume samaph yang diangkut," ungkapnya Kamis (8/8).

Menurut Putu Ganda, anggaran tersebut untuk memenuhi kebutuhan BBM 12 unit kendaraan truck angkut sampah dan satu mobil penyisir. Pejabat asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, ini optimis dengan penambahan anggaran ini, pengangkutan sampah bisa berjalan dengan optimal. Pihaknya tidak menampik jika pengangkutan sampah sempat terganggu karena terbentur masalah BBM.

Sementara itu, alat berat yang dioperasikan di TPA Landih,  juga terbatsas. Alat berat jenis excavator dalam kondisi rusak sehingga tidak bisa lagi operasikan. Dari hasil pengecekan oleh teknisi  kondisi excavator masuk kategori rusak berat dan dibutuhkan anggaran yang besar untuk perbaikan.

"Penanganan sampah di TPA, kami meminjam alat berat milik dinas PUPR Perkim Bangli," sebutnya. 7esa 

Komentar