nusabali

Pemkot Denpasar Terima Penghargaan UHC Kategori Utama Tahun 2024

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-terima-penghargaan-uhc-kategori-utama-tahun-2024

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Kategori Utama Tahun 2024, yakni penghargaan soal layanan kesehatan yang mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Kamis (8/8), di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil meraih predikat UHC. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemda yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga mendapat pengakuan dari International Social Security Association (ISSA). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden ISSA Mohammed Azman, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai UHC.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala daerah atas kesuksesan Program JKN. Capaian UHC di berbagai daerah merupakan bentuk implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Jumlah kepesertaan JKN per 1 Agustus 2024 mencapai 276.520.647 jiwa, atau 98,15 persen dari total penduduk di Indonesia. Pencapaian ini bukan hanya tentang jumlah kepesertaan, tetapi juga memastikan seluruh penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan,” kata Ghufron.

Sementara cakupan kepesertaan Program JKN sampai dengan 1 Agustus 2024 di Kota Denpasar tembus 670.425 jiwa atau mencapai 100 persen.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Nyoman Wiwiek Yuliadewi menyampaikan tercapainya UHC ini adalah karena partisipasi aktif dari pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan peran masyarakatnya, baik itu dari iuran yang berasal dari peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah (PBPU), serta awareness badan usaha selaku pemberi kerja melalui iuran segmen pekerja penerima upah (PPU).

Wawali Arya Wibawa mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Wakil Presiden Republik Indonesia. Ke depan pihaknya akan terus berkomitmen untuk memajukan fasilitas kesehatan, sehingga dapat dirasakan masyarakat secara maksimal.

“Pemkot Denpasar sangat fokus terhadap layanan kesehatan. Kami hanya ingin menjamin kesehatan seluruh masyarakat Kota Denpasar secara maksimal,” ujarnya.

Wawali Arya Wibawa minta kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar yang datang ke fasilitas kesehatan mendapat pelayanan yang baik. Pasien juga tidak dibedakan antara yang umum dan BPJS. Pihaknya berharap kerja sama Pemkot Denpasar dan BPJS berjalan dengan baik. BPJS juga bisa terus memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Denpasar, sehingga kesehatan masyarakat bisa terjamin.

“Hampir semua masyarakat sudah terjamin kesehatannya. Ke depan kita akan terus tingkatkan persentase kepesertaan sehingga semua masyarakat bisa menikmati pelayanan yang maksimal,” kata Wawali Arya Wibawa. @ mis

Komentar