nusabali

Tagel Arjana Siap Tarung di Pilkada

Temui DPP Gerindra dan Golkar, Bidik Cawabup Gianyar

  • www.nusabali.com-tagel-arjana-siap-tarung-di-pilkada

Tagel Arjana menyatakan, sebelum penentukan pasangan calon, masih ada kompromi – kompromi politik di internal Kim Plus

GIANYAR, NusaBali
Ketua DPC Partai Gerindra Gianyar, I Wayan Tagel Arjana menyatakan siap tarung di Pilkada Gianyar 27 November 2024 mendatang. Tagel Arjana telah melaporkan diri terkait kesiapannya bertempur di Pilkada dengan posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup) ke DPP Gerindra. Selain itu, Tagel Arjana juga sudah bertemu elit DPP Partai Golkar.

Tagel Arjana adalah politisi asal Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud ini sudah kenyang pengalaman di dunia politik. Mantan Anggota DPRD Bali Daerah Pemilihan (Dapil) Gianyar dua periode ini kini tinggal menunggu rekomendasi dari DPP Gerindra yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk mengusung pasangan Cabup-Cawabup di Pilkada Gianyar. 

KIM Plus digagas parpol pengusung Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) yakni Partai Golkar, Gerindra, Demokrat. Karena Partai NasDem juga bergabung, meski bukan pengusung Prabowo-Gibran, KIM berubah menjadi Kim Plus.

“Saya melaporkan ke DPP Gerindra, sebagai Ketua DPC Gerindra Gianyar, siap untuk maju sebagai calon wakil bupati dalam Pilkada Gianyar. Saya nyatakan sikap dan tidak sekadar ikut survei melalui KIM Plus Gianyar,” ujar Tagel Arjana, dikonfirmasi Jumat (9/8).

Tagel Arjana mengaku bertemu jajaran DPP Gerindra pada Rabu (7/8). Selain menyatakan kesiapan tarung di Pilkada, dia juga melaporkan secara lisan tentang kondisi perpolitikan jelang Pilkada Gianyar. Selain itu, pihaknya melaporkan tahapan yang dilakukan KIM Plus di Gianyar. Mulai dari penjaringan figur bakal cabup/bacawabup, mengintensifkan koordinasi kerja dengan pimpinan parpol yang tergabung dalam KIM, membuat survei hingga peluang kader Partai Gerindra untuk ikut berkontestasi dalam hajatan Pilkada Gianyar.

Tagel Arjana menyatakan, sebelum penentukan pasangan calon, masih ada kompromi - kompromi politik di internal Kim Plus dengan mempertimbangkan asas kepantasan dan kewajaran sehingga perjuangan ke depan menjadi lebih kuat. “Saya juga tahu diri dan melihat kondisi politik lokal di Gianyar. Kader Gerindra sangat mungkin di posisi cawabup ini,’’ ujar mantan Anggota Komisi I DPRD Bali yang membidangi politik, hukum keamanan dan aparatur daerah, ini.

Sementara untuk kandidat Cabup yang dipastikan akan dipercayakan kepada kader Partai Golkar, sejumlah nama sudah muncul. Ada tokoh Puri Ageng Blahbatuh, Anak Agung Alit Kakarsana, I Made Dauh Wijana yang notabene Sekretaris DPD I Golkar Bali dan I Made Diana, pengusaha pariwisata yang sebelumnya Caleg DPRD Bali Dapil Gianyar di Pemilu 2024.

Kepantasan Golkar di posisi Cabup, kata Tagel Arjana dengan mempertimbangkan perolehan kursi partai yang tergabung di Kim Plus. Dari 45 kursi DPRD Gianyar, Partai Golkar meraih kursi terbanyak yakni 5 kursi dewan, disusul Partai Gerindra 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, dan NasDem 1. Selain itu, kebetulan juga kader dari Partai Demokrat dan NasDem, tidak ada yang ingin masuk dalam bursa cabup/cawabup untuk Pilkada Gianyar 2024.n lsa 

Komentar