nusabali

Beragam Aksi Siswa PAUD Meriahkan Gebyar Merah Putih

Walikota Jaya Negara: Wadah Menanamkan Nilai Kebangsaan

  • www.nusabali.com-beragam-aksi-siswa-paud-meriahkan-gebyar-merah-putih

DENPASAR, NusaBali - Ribuan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Denpasar tumpah ruah mengikuti Gebyar Merah Putih yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) - PGRI bekerjasama dengan Bunda PAUD Kota Denpasar di Kawasan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Sabtu (10/8).

Kegiatan yang menghadirkan beragam kreativitas yang dirangkaikan dengan menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini dibuka langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. Tampak mendampingi dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama serta undangan lainya. 

Diiringi dengan semarak lagu-lagu nasional, rangkaian kegiatan diawali dengan pawai oleh siswa PAUD yang tampil dengan beragam jenis busana, mulai seragam Polisi, TNI, Guru, Dokter hingga Pahlawan Nasional. Siswa PAUD mengelilingi Kawasan Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar. 

Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara bersama Ketua GOW Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa juga turut mengikuti pawai serta pentas Tari Nusantara dengan menggunakan pakaian adat daerah. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Kesenian Bondres serta Sepedia Hias oleh siswa PAUD Kota Denpasar. Rangkaian acara diakhiri dengan penyerahan hadiah berbagai jenis perlombaan. 

Walikota Jaya Negara dalam kesempatan tersebut memberikan  penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Gebyar Merah Putih IGTKI Denpasar tahun ini. Acara yang mengusung tema 'Bersatu Dalam Keberagaman Dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbakan' ini merupakan sebuah tema yang sangat relevan. 

Dalam Gebyar Merah Putih kali ini, semua elemen tidak hanya merayakan kemerdekaan bangsa, tetapi juga berkomitmen untuk membangun rasa persatuan di tengah-tengah keberagaman budaya yang ada. 

“Melalui Gebyar Merah Putih ini, kita berharap anak-anak kita semakin mencintai dan menghargai kekayaan budaya serta semangat kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut dijelaskan, Gebyar Merah Putih merupakan wadah yang sangat baik untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air sejak dini. Dengan melibatkan anak-anak dalam berbagai aktivitas budaya dan edukatif, kita memberikan kesempatan untuk memahami dan merasakan makna sejati dari kemerdekaan dan keberagaman.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai pengingat akan pentingnya persatuan dan keberagaman dalam perjalanan kita sebagai bangsa. Bersama-sama, kita akan terus memupuk semangat kebangsaan dan memperkuat jati diri sebagai warga negara yang cinta tanah air,” ujar Jaya Negara.

Hal senada disampaikan Bunda PAUD Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara yang juga turut menyampaikan apresiasi yang mendalam atas pelaksanaan Gebyar Merah Putih PAUD tahun ini. Menurut dia, Gebyar Merah Putih ini bukan hanya sekadar perayaan kemerdekaan, tetapi juga sebagai platform untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap budaya dan semangat nasionalisme. 

Melalui berbagai kegiatan yang digelar, Ny. Sagung Antari berharap dapat membentuk generasi penerus yang tidak hanya memahami keberagaman, tetapi juga menghargainya sebagai bagian penting dari identitas bangsa.

“Kami berharap acara ini dapat memotivasi dan menginspirasi anak-anak untuk mencintai budaya Indonesia dan merasakan kebanggaan terhadap kemerdekaan negara kita. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini. Mari kita terus bersama-sama mendalami dan meneruskan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi penerus,” ujar Antari Jaya Negara. 

Sementara, Ketua IGTKI-PGRI Kota Denpasar, Ni Nyoman Puspitawati Yasa, SPd menjelaskan, bahwa pelaksanaan Gebyar Merah Putih yang dirangkaikan dengan menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini mengusung tema 'Bersatu Dalam Keberagaman Dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbakan'. 

Kata Puspitawati, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan dan memupuk semangat cinta tanah air. Selain itu, melalui Gebyar Merah Putih ini juga diharapkan mampu mengasah kreativitas dan kemampuan bersosialisasi bagi anak usia dini. “Melalui kegiatan ini kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan akan budaya Indonesia sejak usia dini menggalang persahabatan dan kesatuan antar anak dan guru PAUD se-Kota Denpasar,” ujar Puspitawati.@mis

Komentar