nusabali

Setelah 32 Tahun, Spanyol Raih Emas Sepakbola Putra

  • www.nusabali.com-setelah-32-tahun-spanyol-raih-emas-sepakbola-putra

PARIS, NusaBali - Timnas Spanyol U-23 merebut medali emas sepakbola putra Olimpiade 2024. Di final secara dramatis, Tim Matador mengalahkan tuan rumah Prancis 5-3, dalam extra time di Parc des Princes, Paris, yang berakhir Sabtu (10/8) dinihari WITA.

Kemenangan itu sekaligus mengakhiri penantian 32 tahun Spanyol dalam meraih medali emas sepak bola putra. Tim Matador terakhir kali melakukannya pada Olimpiade 1992 Barcelona. Sedangkan Prancis harus puas dengan medali perak, dan gagal mengulangi prestasi medali emas 40 tahun lalu di Olimpiade Los Angeles 1984.

Pelatih tim Olimpiade Spanyol Santi Denia mengatakan medali emas yang diraih timnya berkat harmoniasi skuadnya yang sangat bagus, seperti sebuah keluarga. Kemenangan itu membawa Spanyol meraih medali emas keduanya setelah edisi 1992 yang saat itu diisi generasi Pep Guardiola dan Luis Enrique.

"Pelatih tidak naik ke podium. Itu untuk para pemain. Mereka melakukan ini. Mereka berjuang seperti sebuah keluarga," kata Santi, Sabtu.

Kemenangan itu melengkapi musim panas yang gemilang di lapangan sepakbola bagi pasukan Matador, setelah kemenangan di Euro 2024 Jerman bulan lalu. Mereka juga baru menjuarai Euro U-19 dengan mengalahkan Prancis di final.

Di laga final, Prancis unggul 1-0 saat laga berjalan 11 menit melalui Enzo Millot di kotak penalti Spanyol, yang gagal diselamatkan kiper Arnau Tenas. Namun, Spanyol menyamakan skor 1-1 pada menit ke-18 lewat Fermin Lopez meneruskan umpan Alex Baena.

Spanyol berbalik unggu 2-1 atas Prancis, kembali lewat Fermin Lopez pada menit ke-25. Sontekan Abel Ruiz dihalau Restes, tetapi Lopez menyambar bola untuk mencetak gol keduanya.

Pada menit ke-28 Spanyol memperbesar keunggulan 3-1 lewat tendangan bebas Alex Baena. Hingga babak pertama berakhir Spanyol unggul 3-1 atas Prancis.

Di awal babak kedua Prancis lebih menekan Spanyol. Usaha tim asuhan Thierry Henry itu berhasil pada menit ke-78. Prancis pun memperkecil 2-3 lewat gol Maghnes Akliouche.

Tuan rumah mendapat penalti pada injury time babak kedua usai Arnaud Kalimuendo dijatuhkan Benat Turrientes. Wasit menunjuk titik putih setelah meninjau Video Assistant Referee (VAR). Mateta sebagai penendang sukses membuat skor 3-3, yang bertahan hingga usai dan laga dilanjutkan ke babak extra time. 

Di babak pertama extra time, Spanyol kembali unggul pada menit ke-100 lewat gol indah Sergio Camello dengan tendangan chip. Skor 4-3 bertahan hingga extra time babak pertama berakhir.

Prancis berusaha mengejar, tetapi Camello mencetak gol keduanya pada menit 120+1 melalui serangan balik untuk mengunci kemenangan 5-3. Spanyol pun dipastikan meraih medali emas Olimpiade 2024.

Sementara itu, tim sepakbola putri Jerman meraih medali perunggu Olimpiade 2024 setelah menang tipis Spanyol 1-0, pada laga perebutan peringkat ketiga di Lyon, Jumat (9/8) malam WITA. 

Gol kemenangan Jerman dicetak Giulia Gwinn lewat penalti di babak kedua. Ini medali perunggu ketiga yang diraih tim sepakbola putri Jerman di Olimpiade. ant

Komentar