nusabali

Bandara Ngurah Rai Operasikan Rute Penerbangan Langsung ke Phuket

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-operasikan-rute-penerbangan-langsung-ke-phuket

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung kembali terhubung ke Phuket, Thailand. Rute langsung dari dan menuju Phuket dioperasikan oleh maskapai Indonesia AirAsia, yang mulai terbang perdana pada Sabtu (10/8) sore.

Pada penerbangan perdananya, maskapai Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 246 menggunakan tipe pesawat Airbus A320 lepas landas menuju Bandara Internasional Phuket pada pukul 16.35 Wita mengangkut 161 penumpang. Pesawat tersebut dijadwalkan untuk kembali terbang menuju Bali dengan nomor penerbangan QZ 247 pada pukul 19.00 waktu setempat.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, menjelaskan penerbangan menuju Phuket dilayani tiga kali dalam seminggu pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan menuju Phuket kurang lebih ditempuh selama empat jam dari Bandara Ngurah Rai.

“Kami mengapresiasi maskapai Indonesia AirAsia atas beroperasinya dua rute tambahan ke Kota Kinabalu Malaysia pada Jumat (9/8) lalu dan ke Phuket Thailand dalam tempo yang sangat singkat. Kami nantikan penambahan rute selanjutnya oleh Indonesia AirAsia di Bandara I Gusti Ngurah Rai, baik domestik maupun internasional,” ujar Handy.

Lebih lanjut Handy menjelaskan, Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi wisata utama di mata dunia, dengan Phuket sebagai salah satu primadona pariwisata Thailand. Pada semester I 2024 ini saja, tercatat 17,5 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Thailand. Oleh karena itu, terbukanya rute baru itu diharapkan menjadi sebuah kesempatan bagi Pulau Bali untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara.

Masih menurut Handy, bertambahnya rute penerbangan langsung dari dan menuju Phuket berarti menambah rute penerbangan langsung yang menghubungkan Pulau Bali dengan Thailand. Sebelumnya, rute langsung menuju Thailand dilayani oleh dua rute yakni menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Bandara Internasional Don Mueang yang keduanya terletak di Bangkok. Penerbangan menuju Thailand dilayani rata-rata delapan kali dalam sehari di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Sepanjang tahun 2024 hingga bulan Juli, Bandara Ngurah Rai mencatat pelayanan kepada 289.130 penumpang datang dan pergi dari kedua rute penerbangan menuju Thailand. Kami berharap dibukanya rute penerbangan Phuket dapat semakin meningkatkan jumlah lalu lintas penumpang dan kunjungan wisatawan baik di Bali maupun Phuket,” harap Handy.

Dengan bertambahnya rute Phuket, saat ini Bandara Ngurah Rai melayani 38 rute penerbangan internasional dengan dilayani 39 maskapai. “Masih terdapat permohonan penambahan rute oleh beberapa maskapai. Kami masih terus melakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai stakeholder untuk mewujudkan penambahan rute-rute tersebut dan kami harap akan segera terealisasi di sisa tahun 2024 ini,” ujar Handy.

Sementara itu, Direktur Utama Indonesia AirAsia VeranitaYosephine menyampaikan potensi Bandara Ngurah Rai sebagai hub pariwisata di kawasan ASEAN. “Dengan rute baru ini, Indonesia AirAsia semakin memperkuat posisinya di pasar penerbangan ASEAN. Bali, destinasi wisata Indonesia yang dikenal akan keindahan alam dan budaya yang khas. Seperti Phuket di Thailand, yang juga menjadi favorit wisatawan untuk menikmati liburan tropis. Kami ingin memberikan pengalaman unik bagi wisatawan untuk menikmati dua destinasi yang memiliki daya tarik serupa dengan budaya yang berbeda,” ucapnya. 7 ol3

Komentar