nusabali

Pj Bupati Lihadnyana Gelar Lomba Gerak Jalan 45 KM, Siapkan Hadiah Ratusan Juta

  • www.nusabali.com-pj-bupati-lihadnyana-gelar-lomba-gerak-jalan-45-km-siapkan-hadiah-ratusan-juta

SINGARAJA, NusaBali - Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana kembali menggelar Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra, serangkaian Peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024.

Hadiah yang disiapkan untuk para peserta pun mencapai ratusan juta dalam lomba gerak jalan 45 KM satu-satunya di Bali ini.  

Lomba mengambil start di Lapangan Sepakbola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Sabtu (10/8) malam dan finish di depan Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Minggu (11/8) pagi.

Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra pada tahun 2024 ini diikuti oleh 29 regu. Sebanyak 21 regu  berasal dari umum, sekolah, perangkat daerah lingkup Pemkab Buleleng, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Delapan regu lainnya dari partisipasi TNI/Polri yang perdana ikut menyemarakkan lomba gerak jalan 45 kilometer.

Dari delapan regu spesial itu, satu regu berasal dari Polri yaitu Polres Buleleng dan tujuh regu dari satuan TNI seperti Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 900/SBW, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/YKR, dan Detasemen Kavaleri (Denkav) 4/SP. Yonif Raider 900/SBW tercatat mengirim regu paling banyak yaitu lima regu. Namun, nantinya kategori TNI/Polri ini akan dipisah dengan kategori umum. 

Kategori umum disiapkan total hadiah sebesar Rp110 juta bagi juara I, II, dan III. Sedangkan, untuk kategori TNI/Polri, diperebutkan tim terbaik dengan hadiah Rp10 juta.

Lihadnyana menjelaskan Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Namun, sempat terhenti di masa pandemi dan kembali digelar tahun ini. Buleleng masih menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang menggelar Lomba Gerak Jalan 45 KM. Lomba ini sebagai bentuk implementasi pengamalan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan semangat dan jiwa 45.

“Melalui  lomba gerak jalan ini kita dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan kita. Lomba ini juga sebagai bentuk kebanggaan menjadi warga Buleleng,” jelasnya.

Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini berharap lomba ini berjalan lancar, aman, dan sukses. Peserta dapat berlomba dengan penuh semangat serta menjunjung tinggi sportivitas. Para peserta juga diharapkan bisa sukses mencapai garis akhir. “Kepada peserta, harus tetap semangat dan mampu menjadi juara,” harapnya.

Lihadnyana juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Imbauan juga diberikan kepada para suporter agar tetap tertib dan menjaga sekaligus mengendalikan diri masing-masing. Dengan begitu, tidak mengganggu para peserta lomba dan penonton.
“Mudah-mudahan Tuhan senantiasa memberikan tuntunan dan sinar sucinya kepada kita semua, agar lomba gerak jalan ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Saya juga meminta maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya lomba ini,” ungkap pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng ini.

Sementara itu hingga akhir perlombaan dari puluhan regu yang ikut serta, empat regu diantaranya tidak mampu menyelesaikan rute sampai di garis finish. Empat regu tersebut yakni dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Perumda Pasar Argha Nayottama Buleleng, Remaja Kaliasem dan SMKN 1 Seririt.@k23

Komentar