nusabali

Mahasiswa Politeknik Negeri Bali Gelar KKN di Sukawati, Bangun Desa Berlandaskan Tri Hita Karana

  • www.nusabali.com-mahasiswa-politeknik-negeri-bali-gelar-kkn-di-sukawati-bangun-desa-berlandaskan-tri-hita-karana
  • www.nusabali.com-mahasiswa-politeknik-negeri-bali-gelar-kkn-di-sukawati-bangun-desa-berlandaskan-tri-hita-karana
  • www.nusabali.com-mahasiswa-politeknik-negeri-bali-gelar-kkn-di-sukawati-bangun-desa-berlandaskan-tri-hita-karana
  • www.nusabali.com-mahasiswa-politeknik-negeri-bali-gelar-kkn-di-sukawati-bangun-desa-berlandaskan-tri-hita-karana

GIANYAR, NusaBali.com - Sebanyak 65 mahasiswa semester 8 Politeknik Negeri Bali (PNB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan yang berlangsung dari 22 Juli hingga 5 Agustus 2024 ini didampingi oleh tiga dosen pembimbing lapangan dan bertujuan mengembangkan potensi desa melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Koordinator Desa KKN PPM PNB di Desa Sukawati, I Gusti Made Dendy Pranatha Mahardika, mengungkapkan bahwa program ini merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Kami berusaha memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Dalam program pengembangan SDM, mahasiswa memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SD dan SMP di Desa Sukawati. Di SMP Negeri 1 Sukawati, pelatihan Ms. Office dan sosialisasi financial freedom diberikan untuk meningkatkan keterampilan dasar teknologi serta pengetahuan manajemen keuangan. "Kami berharap ini dapat menjadi bekal bagi siswa dalam menghadapi tantangan di dunia profesional dan masa depan mereka," tambah Dendy.

Sementara itu, di SD Negeri 2 Sukawati, mahasiswa menyelenggarakan sosialisasi anti-bullying dan lomba mewarnai celengan. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa empati serta kreativitas anak-anak. "Kami ingin setiap anak merasa lebih aman dan nyaman di lingkungan sekolah," jelasnya.

Selain program pengembangan SDM, mahasiswa juga berfokus pada pengembangan infrastruktur desa. Mereka membuat tempat sampah tiga jenis yang ditempatkan di enam lokasi, yaitu SD Negeri 2 Sukawati, SMP Negeri 1 Sukawati, wantilan desa, jogging track, Pura Dalem,dan lokasi latihan beladiri kempo.


Selanjutnya dilaksanakan pembuatan dan pemasangan 5 lampu jalan solar panel di Pura Dalem dan jogging track area. Lampu yang dipasang akan memperbaiki pencahayaan menjadi lebih baik di malam hari.

Pemberian tempat sampah 3 jenis dan lampu jalan solar panel diterima langsung oleh Perbekel I Dewa Gede Dwi Putra di kantor DesaSukawati."Dengan adanya fasilitas ini, kami berharap masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan," ujar Dendy.

Selain kegiatan program kerja tersebut, peserta KKN PPM PNB Desa Sukawati turut ikut serta dalam acara jalan santai yang diadakan pada hari Minggu 28 Juli 2024, untuk memperingati hari ulang tahun SD Negeri 2 Sukawati dengan membeli kupon undian. Acara jalan santai dan undian hadiah dilaksanakan di wantilan Desa Sukawati. Dua peserta KKN beruntung dalam undian tersebut.

Seluruh program ini ditutup dengan acara hiburan berupa pertunjukan joged bumbung yang terbuka untuk umum pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Tim KKN juga memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada Desa Sukawati sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan partisipasi aktif dari warga desa. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah mendukung kami dalam membangun Desa Sukawati menjadi lebih baik," tutup Dendy.

Kegiatan KKN PPM PNB di Desa Sukawati diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, terutama dalam mencapai visi desa yang bebas, bersih, berbudaya, aman, sejahtera, dan berlandaskan Tri Hita Karana menuju Jagadhita. 7

Komentar