nusabali

Telkom Hadirkan OCA untuk Optimalkan Strategi CRM Perusahaan di Indonesia

  • www.nusabali.com-telkom-hadirkan-oca-untuk-optimalkan-strategi-crm-perusahaan-di-indonesia

JAKARTA, NusaBali.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin transformasi digital di Indonesia dengan meluncurkan platform Omni Communication Assistant (OCA). Platform ini bertujuan membantu perusahaan dalam menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang lebih efektif dan efisien.

Komang Budi Aryasa, EVP Digital and Business Telkom, menjelaskan bahwa OCA mampu melacak interaksi pelanggan dengan perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk panggilan suara, pesan teks, dan video. "Melalui OCA, Telkom berupaya membantu perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggan mereka sesuai kebutuhan. Kedekatan personal dan relevan dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru. Dengan memanfaatkan OCA, strategi CRM yang dijalankan perusahaan bisa semakin optimal,” ujar Komang Budi Aryasa.

OCA menawarkan fitur integrasi data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan, memungkinkan analisis lebih lanjut terhadap pola interaksi pelanggan. Hasil analisis ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang perilaku pelanggan, yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki strategi pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari OCA adalah PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK). Sebagai operator terminal peti kemas dengan sistem jaringan terintegrasi, IPC TPK mampu meningkatkan efisiensi penanganan keluhan pelanggan mereka berkat OCA. "Saat ini IPC TPK dapat menangani hingga 233% lebih banyak keluhan dan pertanyaan dari pelanggan dalam sehari dibandingkan sebelumnya," tambah Komang Budi Aryasa.

Selain itu, OCA juga mempermudah penjadwalan pertemuan dan tugas dengan pelanggan, serta menangani keluhan dan permintaan melalui saluran komunikasi yang terintegrasi langsung dengan sistem CRM perusahaan.

Komentar