nusabali

Hutan di Desa Tinga-Tinga Terbakar

  • www.nusabali.com-hutan-di-desa-tinga-tinga-terbakar

SINGARAJA, NusaBali  - Musim kemarau kembali memicu bencana kebakaran hutan.

Kali ini terjadi di hutan desa yang terletak di Banjar Dinas Taman Sari, Desa Tinga-Tinga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Kebakaran lahan kering tersebut terjadi pada Senin (11/8) malam.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, api dengan cepat membesar akibat kondisi cuaca yang panas dan angin kencang. Selain itu, kondisi lahan yang kering membuat api dengn cepat merembet.

"Api terlihat pertama kali di Bukit Togog-togogan. Untungnya, lokasi kebakaran cukup jauh dari pemukiman warga sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan properti," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/8) siang. 

Pihak BPBD bersama warga setempat langsung melakukan upaya pemadaman dan pengendalian api. Berkat kerja sama tersebut kobaran api berhasil diatasi sebelum meluas ke area yang lebih luas.

"Atas laporan tersebut, kami bersama warga sekitar langsung berkoordinasi melakukan penanganan. Api tidak sampai merembet ke pemukiman warga karena lokasinya sangat jauh," terang mamtan Camat Gerokgak ini.

BPBD Buleleng mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan jika melihat tanda-tanda kebakaran hutan. Masyarakat juga diharapkan menghindari aktivitas yang berpotensi menimbulkan percikan api di kawasan hutan seperti membuang puntung rokok sembarangan.

Perbekel Desa Tinga-Tinga, I Nyoman Adi Wirawan, mengungkapkan bahwa kebakaran hutan di wilayahnya merupakan kejadian yang sering terjadi setiap tahun, terutama saat musim kemarau. "Kami bersama warga selalu waspada terhadap potensi kebakaran. Namun, sulit untuk mencegah sepenuhnya karena kondisi alam yang sulit diprediksi," ungkapnya.

Wirawan menduga, kebakaran kali ini disebabkan oleh gesekan ranting pohon akibat angin kencang dan suhu udara yang tinggi. "Lokasi kebakaran berada di tebing batu yang sulit dijangkau, sehingga api padam dengan sendirinya," imbuhnya.7 mzk

Komentar