nusabali

'First Action' Tampilkan Kreativitas Dosen hingga Alumnus Seni Rupa Undiksha

  • www.nusabali.com-first-action-tampilkan-kreativitas-dosen-hingga-alumnus-seni-rupa-undiksha

SINGARAJA, NusaBali - Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menggelar pameran seni rupa bertajuk "First Action" pada tanggal 12-30 Agustus 2024 di Galeri Paduraksa Kampus FBS Undiksha, Kota Singaraja. Pameran ini menjadi momen untuk kembali menyalakan semangat kreatif.

Koordinator Pameran, Wayan Sudiarta, mengungkapkan bahwa pameran ini sengaja diselenggarakan bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. "Kami ingin mengisi semangat kemerdekaan dengan karya-karya seni," ujar dia ditemui usai pembukaan pameran, Senin (12/8) siang.

Lebih lanjut, Sudiarta menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap aktivitas kreatif di kampus. "Mahasiswa menjadi sulit untuk berinteraksi dan iklim kreatifnya terganggu," imbuhnya. Karena itu, pameran ini diharapkan dapat menjadi titik awal untuk kembali menghidupkan ekosistem seni di kampus.

Ia menyebut, kehadiran Galeri Paduraksa sebagai ruang pameran seni di Bali Utara dinilai sangat penting. "Di Bali Utara, hampir ada tempat yang khusus menyediakan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya-karyanya," ungkap Sudiarta. Dirinya berharap galeri ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengapresiasi karya seni dan sekaligus mendukung perkembangan seni rupa di daerah.

Pameran "First Action" menampilkan beragam karya seni, mulai dari lukisan, grafis, patung, hingga karya kriya kreatif. Para seniman yang terlibat pameran bebas mengeksplorasi tema sesuai dengan minat dan kreativitas masing-masing. "Kami tidak membatasi tema, sehingga karya-karya yang dihasilkan sangat variatif," kata Sudiarta.

Pameran ini melibatkan 27 seniman. Mereka terdiri dari dosen, mantan dosen, mahasiswa, serta alumni Jurusan Seni Rupa Undiksha. Keterlibatan para seniman ini disebut menunjukkan kuatnya rasa memiliki dan kecintaan terhadap jurusan tersebut.

"Melalui pameran ini, menjadi momentum keluarga kecil kami di Seni Rupa untuk bertemu lagi menjaga dan mewarisi api kreativitas. Keterlibatan dosen yang sudah pensiun dalam pameran menandakan kecintaan pada tempat mengabdi dulu. Juga keterlibatan alumnus bentuk kecintaan pada almamaternya dulu," sambung dia.

Sudiarta berharap pameran "First Action" dapat menjadi langkah awal untuk menjadikan Galeri Paduraksa sebagai ruang pameran yang lebih memiliki nilai komersial. "Namun, tujuan utama kami adalah membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengapresiasi karya seni," tandasnya.7 mzk

Komentar