nusabali

Perenang Prancis Peraih Medali Emas Terbanyak

  • www.nusabali.com-perenang-prancis-peraih-medali-emas-terbanyak

PARIS, NusaBali - Perenang Prancis Leon Marchand (22 tahun) menjadi peraih medali emas terbanyak di Olimpiade Paris 2024, yakni empat medali emas.

Marchand sendiri tampil dalam lima nomor lomba sekaligus di cabor renang. Selain empat emas, Marchand juga meraih satu perunggu. Torehan lima medali menjadikannya sebagai pendulang terbanyak dari Prancis di Olimpiade 2024.

Marchand sekaligus jadi penyabet emas paling tinggi dalam sejarah negaranya. Sebelumnya ada empat atlet Prancis yang mampu meraih tiga medali emas dalam Olimpiade musim panas dan Olimpiade musim dingin.

Namun di jajaran peraih emas terbanyak dalam sejarah Olimpiade, Marchand masih tertinggal jauh. Pemilik emas terbanyak dalam satu edisi Olimpiade masih dipegang atlet renang Amerika Serikat (AS), Michael Phelps dengan delapan emas pada Olimpiade 2008.

Di satu sisi, cabor renang masih mendominasi status 'ladang medali' di Olimpiade. Karena empat besar peringkat atlet dengan medali emas terbanyak dikuasai atlet renang. Cabor berikutnya yang menghasilkan jumlah medali dalam jumlah signifikan adalah gymnastics atau senam dengan enam emas. Prestasi itu diraih atlet Unified Team (eks Uni Soviet), Vitaly Scherbo pada Olimpiade 1992. ant

Komentar