nusabali

Museum Agung Proklamasi Gelorakan Semangat Nasionalisme

Gandeng Siswa SMP Bagi-bagi Ribuan Bendera Merah Putih

  • www.nusabali.com-museum-agung-proklamasi-gelorakan-semangat-nasionalisme

DENPASAR, NusaBali - Menyambut HUT ke-79 RI, Museum Agung Proklamasi, Taman Agung Proklamasi, dan Museum Agung Bung Karno bekerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar membagikan ribuan Bendera Merah Putih kepada pengendara motor di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala, Denpasar, tepatnya depan Museum Bung Karno, Senin (12/8) pagi. Pembagian ribuan bendera ini melibatkan ratusan siswa SMP di Kota Denpasar.

Ratusan siswa tampak berjejer di sepanjang jalan dengan membawa Bendera Merah Putih berukuran 13x19 cm. Mereka penuh suka cita membagikan bahkan memasangi langsung bendera di sepeda motor maupun mobil yang lewat. Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan Kota Denpasar terjun mengatur lalu lintas agar tidak macet. Sebaliknya para pengendara pun antusias dan senang dengan aksi para siswa tersebut. Dari pantauan NusaBali, memang sebagian besar sepeda motor dan mobil yang lewat belum terpasangi Bendera Merah Putih, padahal HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus tinggal beberapa hari lagi.

Gus Marhaen selaku Ketua Yayasan Kepustakaan Bung Karno yang juga pengelola Museum Agung Proklamasi, Taman Agung Proklamasi dan Museum Agung Bung Karno mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI. Pihaknya tergerak untuk mengadakan kegiatan bagi-bagi dan pemasangan Bendera Merah Putih kepada pengendara karena melihat masih  kurangnya rasa nasionalisme di kalangan masyarakat. “Ya terbukti kan tadi masih banyak kendaraan yang belum terpasang Bendera Merah Putih, padahal dengan memasang bendera di sepeda motor maupun mobil itu bagian dari rasa nasionalisme juga,” ujar Gus Marhaen yang ikut turun langsung memimpin aksi bagi-bagi bendara tersebut. 

“Karena itu, kami hadir sebagai lembaga sejarah dan lembaga proklamasi dengan mengajak anak usia SMP ini ikut serta di dalamnya. Kami ingin memberikan spirit bahwa kita ini sudah merdeka. Kami ingin anak-anak ini ikut menggelorakan semangat nasionalisme,” imbuh Gus Marhaen, penuh semangat.

Gus Marhaen mengatakan kegiatan bagi-bagi Bendera Merah Putih akan berlanjut sebelum 17 Agustus 2024. “Kegiatan ini akan terus belanjut, kami masih memiliki ribuan bendera untuk dibagikan, semoga dengan aksi ini rasa nasionalisme di kalangan masyarakat akan makin meningkat dan Indonesia makin jaya,” pungkas Gus Marhaen. 

Sementara itu, salah satu siswa Alit Revaldi mengaku senang dan bangga diundang dalam aksi ini. “Saya senang dan bangga, apalagi bapak tadi  tersenyum senang juga setelah motornya saya pasangi bendera. Semoga kegiatan ini bisa diikuti instansi-instasi lainnya, sehingga perayaan HUT Kemerdekaan RI akan makin meriah,” ujar pelajar SLUB Saraswati 1 Denpasar, ini. 7 isu

Komentar