nusabali

Agus Gumiwang Plt Ketua Umum Partai Golkar, Rapimnas dan Munas 20 Agustus

  • www.nusabali.com-agus-gumiwang-plt-ketua-umum-partai-golkar-rapimnas-dan-munas-20-agustus

JAKARTA, NusaBali.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar resmi menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar. Keputusan ini diambil dalam Rapat Pleno DPP Partai Golkar yang digelar pada Selasa (13/8/2024) malam.

Agus Gumiwang menyatakan bahwa tugas utamanya sebagai Plt Ketua Umum adalah mempersiapkan Partai Golkar menuju Musyawarah Nasional (Munas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). "Saya diberikan amanat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar dan tugas utama saya adalah mengantarkan Golkar menuju Munas dan Rapimnas," ujar Agus Gumiwang dalam jumpa pers di kantor DPP Partai Golkar.

Rapat Pleno yang dipimpin oleh Agus Gumiwang juga menetapkan bahwa Rapimnas dan Munas ke-11 Partai Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024 di Jakarta. “Tanggal 20 Agustus kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari, kemudian malam harinya akan dilanjutkan dengan agenda pembukaan Munas,” kata Agus.

Agus menegaskan bahwa Munas tersebut akan membahas berbagai langkah politik penting bagi Partai Golkar, termasuk penentuan Ketua Umum yang definitif. Namun, saat ditanya mengenai nama-nama yang diperkirakan akan maju sebagai calon Ketua Umum, seperti Bahlil Lahadalia, Agus memberikan jawaban yang normatif. “Siapa yang akan jadi ketua umum dan penentuan format organisasi akan ditentukan dalam Munas,” tegasnya.

Penunjukan Agus Gumiwang sebagai Plt Ketua Umum merupakan respons dari pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar. Airlangga sebelumnya mengumumkan pengunduran dirinya melalui sebuah video yang diunggah di media sosial pada Minggu (11/8/2024).

Agus Gumiwang menegaskan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai Ketua Umum dalam Munas mendatang. “Saya tidak maju,” kata Agus singkat saat ditanya awak media.

Keputusan Agus Gumiwang untuk tidak maju sebagai Ketua Umum menunjukkan komitmennya untuk fokus pada tugas sementara sebagai Plt dalam mempersiapkan agenda penting Partai Golkar. Menurut Agus, Golkar membutuhkan Ketua Umum yang definitif untuk menghadapi berbagai agenda kenegaraan yang akan datang.

Dengan ditetapkannya tanggal 20 Agustus sebagai hari pelaksanaan Rapimnas dan Munas, Partai Golkar berharap dapat segera menetapkan kepemimpinan yang kuat dan solid untuk melanjutkan perjuangan politiknya, khususnya dalam mendukung pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menuju Indonesia Maju. *ant

Komentar