nusabali

Ny Rai Wahyuni Sanjaya Menyapa dan Berbagi di Kecamatan Penebel dan Kerambitan

  • www.nusabali.com-ny-rai-wahyuni-sanjaya-menyapa-dan-berbagi-di-kecamatan-penebel-dan-kerambitan

TABANAN, NusaBali - Ketua TP PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya kembali melaksanakan kegiatan aksi sosial Menyapa dan Berbagi. Program yang menarget 10 kecamatan itu kali ini berlangsung di Kecamatan Penebel dan Kecamatan Kerambitan, Selasa (13/8).

Target utama aksi sosial ini di masing-masing kecamatan adalah 20 orang ibu hamil, 25 balita gizi kurang, 25 orang lansia, 30 orang penyandang disabilitas, dan 6 orang penderita kanker. Juga ditargetkan bagi 162 kader PKK di Kecamatan Penebel dan 135 orang kader PKK di Kecamatan Kerambitan. 

Bantuan yang diberikan berupa beras, susu untuk ibu hamil, susu kalsium, kacang hijau, telur, dan minyak goreng. Juga bantuan kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak (kruk), tongkat kaki empat, dan walker bagi penyandang disabilitas. Bantuan ini diharapkan dapat berfungsi sebagai solusi konkret terhadap berbagai kendala yang dihadapi masyarakat Tabanan. 

Dalam melaksanakan program ini, Ny Rai Wahyuni Sanjaya yang akrab disapa Bunda Rai, menggandeng beberapa pihak terkait, di antaranya Kepala Dinas Sosial P3A, para camat, Ketua TP PKK Kecamatan Penebel dan Kerambitan beserta pengurus, pengurus YKI Tabanan, dan K3S Tabanan. Sinergi ini bertujuan agar bantuan lebih tepat sasaran, juga memperkuat komitmen bersama untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

Bunda Rai mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya program ini dan menyampaikan harapan agar bantuan yang diberikan dapat meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan. Dia juga menekankan pentingnya kerja sama antarinstansi pemerintah dan organisasi sosial dalam mengatasi masalah-masalah sosial dan kesehatan di Kabupaten Tabanan.

“Dari PKK saya ingin sosialisasikan masalah stunting, karena itu merupakan program pokok PKK untuk tahun ini. Untuk masalah stunting, saya mengucapkan matur suksma atas sinergi dari semua stakeholder terkait dalam penanganannya. Karena atas sinergi ini, saya dan Bapak Bupati diberikan penghargaan oleh pusat,” kata Bunda Rai. 

Disebutkan penghargaan berupa Orang Tua Hebat Tingkat Nasional dan Manggala Karya Kencana. “Apresiasi dari pusat karena dinilai sinergi dari PKK dan pemerintah, juga semua stakeholder telah berhasil menurunkan angka stunting di Tabanan secara signifikan,” imbuhnya. 

Angka stunting di Kabupaten Tabanan saat ini 6,3 persen, turun dibanding  tahun lalu sekitar 8,2 persen, dan target selanjutnya di bawah 5 persen. 

Bunda Rai berharap sinergi ini tidak berhenti sampai di sini tetapi harus terus berkelanjutan. Sehingga, apa yang dicita-citakan bersama, yakni agar stunting di Kabupaten Tabanan bisa tuntas atau tidak ada. 

“Jadi dengan penghargaan yang didapat ini kita harus mampu memompa semangat untuk lanjut lebih giat lagi dalam menciptakan generasi emas Tabanan yang berkualitas,” ujar Bunda Rai.

Ny Astri Manik selaku Ketua TP PKK Kecamatan Penebel menyambut antusias kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat. 

Camat Kerambitan I Putu Adi Supraja juga mengemukakan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan. “Kami berharap agar kesehatan terus menyertai dan program dapat terus berjalan di Kabupaten Tabanan, untuk mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani,” ujarnya. @ des 

Komentar