nusabali

Siswa SMKN 1 Bangli Ikuti LKS Nasional

  • www.nusabali.com-siswa-smkn-1-bangli-ikuti-lks-nasional

BANGLI, NusaBali - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional akan berlangsung di Bandar Lampung. Dalam kompetisi ini 5 Siswa SMKN 1 Bangli akan bersaing.

Kepala SMKN 1 Bangli Nyoman Susila mengatakan LKS merupakan kompetisi tahunan sesuai dengan keahlian yang diajarkan pada SMK. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Tahun ini, siswa SMKN 1 Bangli satu-satunya di Bangli yang lolos tingkat Nasional," jelasnya Selasa (13/8).

Lanjutnya, SMKN 1 Bangli akan mengikuti 3 lomba yakni cyber security, robotik, dan network cabling. Untuk network cabling dam robotik masing-masing 2 peserta dan cyber security perseta 1 orang. "Ada 5 orang siswa yang akan mengikuti LKS tingkat nasional tahun ini," ungkapnya.

Siswa yang berkompetisi yakni Ida Bagus Gede Mahasatya Buana Giri Putra merupakan siswa kelas X TJKT, I Ketut Suteja Widnyana siswa kelas XI TJKT.

Berikutnya, Ni Nengah Ana Dwipratiwi siswa kelas XI TJKT2, I Nyoman Kembar Budayasa kelas XI TJKT1 serta Kadek Arista Swardana siswa kelas XI TJKT1. "Para siswa akan didampingi 3 orang pembinan. Kegiatan akan berlangsung 19-24 Agustus mendatang," kata kepala sekolah asal Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, ini.

Menurut Nyoman Susila, sebelum mengikuti LKS tingkat nasional, pihak lebih dulu ngikuti kompetisi tingkat regional dan provinsi. Setelah mendapat juara I tingkat provinsi maka siswa mewakili Bali tingkat nasional. "SMK banyak jurusan, LKS tingkat nasional juga diikuti beberapa SMK di Bali," sambungnya.

Diakui, kini pihaknya masih mematangkan persiapan. Dalam proses pembinaan siswa, pihaknya menggandeng guru tamu, praktisi, dan mahasiswa ITS. "Siswa kami betul-betul semangat melakukan latihan untuk mematangkan persiapan kompetisi ini," ujarnya.

Nyoman Susila berharap siswa mampu bersaing di tingkat nasional. Hal ini menjadi motivasi bagi siswa di SMKN 1 Bangli dan menjadi panutun. Tidak semua siswa bisa memiliki kesempatan yang sama. "Kami berharap siswa bisa menampilkan terbaik, bisa membawa nama sekolah dan SMKN 1 Bangli bisa lebih dikenal," imbuhnya. 7esa

Komentar