nusabali

H-2 Pelantikan DPRD Buleleng Tenda Mulai Dipasang

Pengamanan Libatkan 50 Personel Polres dan Anjing Pelacak

  • www.nusabali.com-h-2-pelantikan-dprd-buleleng-tenda-mulai-dipasang

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah tenda sudah terpasang di halaman DPRD Buleleng pada H-2 pelantikan DPRD anyar periode 2024-2029, Selasa (13/8).

Persiapan lainnya akan dilakukan bertahap hingga gladi bersih pelantikan yang dijadwalkan hari ini Rabu (14/8).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD (Sekwan) Buleleng, I Gede Sandhiyasa mengatakan, dalam pelantikan yang dijadwalkan Kamis (15/8) besok, akan dihadirkan 45 orang DPRD Buleleng yang memenangkan kursi pada Pileg Februari lalu. Sebanyak 12 orang diantaranya adalah anggota newcomer, selebihnya adalah anggota incumbent.

Sandhiyasa mengatakan khusus untuk acara pelantikan sudah siapkan anggaran sebesar Rp 158 juta. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pengadaan banten mejaya-jaya, sewa sarana prasarana termasuk pengadaan pin kuningan dan konsumsi undangan. Masing-masing anggota DPRD Buleleng terpilih hanya diperbolehkan mengajak 3 orang anggota keluarganya untuk menyaksikan pelantikannya.

“Selain anggota DPRD bersama keluarga, kami juga mengundang SKPD, perbekel, kurang lebih ada 400 orang undangan yang akan menghadiri pelantikan DPRD Buleleng yang baru,” kata Sandhiyasa.

Saat pelantikan, anggota DPRD yang akan diambil sumpah jabatannya menggunakan Pakaian Seragam Lengkap (PSL). Khusus untuk 12 orang anggota newcomer masih mengupayakan pakaian pelantikan secara mandiri. Sebab pemberian seragam bagi anggota DPRD baru bisa diberikan setelah dilantik.

Sedangkan untuk parkir kendaraan diarahkan ke rumah jabatan Bupati Buleleng di seberang gedung dewan dan bisa juga di Gedung Wanita Laksmi Graha sebelah barat Tugu Singa Ambara Raja.

Sementara itu, Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi dikonfirmasi terpisah menyebut sudah menyiapkan pengamanan khusus untuk pelantikan DPRD Buleleng. Total ada 50 orang personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan. Termasuk penerjunan anjing pelacak dan alat detektor bahan berbahaya.

“Pengamanan akan dimulai sejak pagi, kami sudah bagi personil berdasarkan tugas masing-masing. Sebelum rangkaian acara dimulai lokasi juga akan disterilkan menggunakan K9 (anjing pelacak) dan juga alat detektor bahan berbahaya,” papar AKBP Widwan.7 k23

Komentar