nusabali

RSUD Tabanan Dibuatkan Parkir 4 Lantai

  • www.nusabali.com-rsud-tabanan-dibuatkan-parkir-4-lantai

TABANAN, NusaBali - Guna mengatasi kesemrawutan parkir kedaran di RSUD Tabanan, Pemerintah Tabanan mulai membangun parkir di eks Kantor Dinas Pariwisata Tabanan. Parkir yang dibuat di sebelah barat RSUD Tabanan ini dibangun empat lantai secara bertahap.

Guna tahap awal atau pembangunan di tahun 2024 bakal dibangun bagian bassment dengan anggaran senilai Rp 6,89 miliar. Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra mengatakan proses pembangunan parkir telah dilakukan.

Di tahap awal jelas Dedy akan dilakukan pembangunan bassment saja. "Rencana pembangunan parkir ini empat lantai, tahun sekarang baru dibuat bassment, sisanya dilanjutnya di tahun 2025," ujarnya, Rabu (14/8).

Dia, menyebutkan untuk anggaran ditahap awal ini, proses pembangunan disiapkan dana Rp 6,89 miliar. Jumlah biaya yang cukup besar itu dikarenakan pembangunan pondasi dan konstruksi parkir basement bertingkat itu memerlukan struktur yang kokoh. “Strukturnya harus mampu menahan beban (kendaraan),” tegasnya.

Di samping itu, kata Dedy, ke depannya parkir tersebut dirancang agar bisa terkoneksi dengan parkir di RSUD Tabanan. Dengan kata lain nantinya akan ada terowongan yang menghubungkan parkir di lahan eks kantor Dispar dengan parkir di RSUD Tabanan. “Untuk yang ini (terowongan) tidak dalam waktu dekat. Sekarang baru tahap basement sebagai pondasi awal untuk tahap berikutnya. Kami selesaikan satu per satu,” tegasnya.

Dedy menambahkan luas parkir di lahan eks kantor Dispar tersebut memiliki luas sekitar 16 are. Kemudian daya tampungnya untuk satu lantai diperkirakan mencapai 60 mobil. ‘’Kalau sepeda motor bisa menampung lebih banyak lagi," tandasnya.

Untuk diketahui, pembangunan parkir tersebut dirancang untuk mengatasi kroditnya parkir di depan RSUD Tabanan dan sebelah barat RSUD Tabanan. Sebab setiap harinya terutama dijam kerja jalan tersebut semraut. Selain itu, karena lahan parkir di RSUD Tabanan terbatas pasien yang hendak berobat kebingungan mencari tempat parkir. Keluhan ini pun sudah disampaikan sejak lama hingga setiap acara selalu dibahas.7des

Komentar