nusabali

Sekda Pimpin Peringatan Hari Jadi ke-66 Provinsi Bali di Badung

  • www.nusabali.com-sekda-pimpin-peringatan-hari-jadi-ke-66-provinsi-bali-di-badung

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung menggelar upacara Peringatan Hari Jadi ke-66 Provinsi Bali di Kabupaten Badung, Rabu (14/8) di lapangan Puspem Badung.

Bupati Badung diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa bertindak selaku Inspektur Upacara dalam peringatan tersebut.

Upacara diikuti Forkopimda Badung, Anggota DPRD Badung, Pejabat Pemkab Badung, TNI/Polri serta kalangan ASN. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Adi Arnawa menekankan, bahwa Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali adalah momentum untuk memahami dan memaknai perjalanan panjang Provinsi Bali, dalam mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan visi abadi bangsa Indonesia sebagaimana tersebut di dalam Pembukaan UUD 1945.

Adapun tema yang diusung pada peringatan tahun ini ‘Prajahita Paramakarya’ yang bermakna Karya Mulia untuk Membangun Bali Maju dan Sejahtera, Nusantara Baru, Indonesia Maju. “Melalui peringatan hari jadi ini diharapkan dapat menjadi wahana menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan, mendorong semangat membangun daerah, serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat terhadap Provinsi Bali,” ujarnya.

Ditambahkan, melalui kolaborasi semua pihak, kinerja pembangunan Provinsi Bali secara umum lebih baik dibandingkan rata-rata nasional. Seperti, pertumbuhan ekonomi terus bertumbuh, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita terus meningkat, total investasi terus meningkat, persentase penduduk miskin terus berkurang, tingkat pengangguran terbuka terus berkurang, dan Indeks Gini Ratio berkurang. Demikian pula kualitas kesehatan masyarakat Bali semakin baik.

Sebagaimana data BPS, pada 2023 angka prevalensi stunting sebesar 7,2 persen, merupakan terendah di antara provinsi lain dan jauh di bawah rata-rata nasional sebesar 21,5 persen. Mampu menjaga cakupan kepesertaan JKN 100 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bali tahun 2023, mencapai 78,01, lebih tinggi dari IPM nasional sebesar 74,39. “Mari bersama-sama ikut menangani masalah stunting dan kemiskinan, dengan terencana, terintegrasi dan menyeluruh dengan melakukan upaya intervensi spesifik dan intervensi sensitif,” ajaknya.

Sementara itu, Sekda Adi Arnawa atas nama pemerintah dan masyarakat Badung mengucapkan selamat Hari Jadi ke-66 Provinsi Bali. Menurutnya, peringatan hari jadi sebagai momentum untuk melakukan evaluasi terhadap capaian-capaian yang telah diraih demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sekda Adi Arnawa sangat mengapresiasi capaian yang telah diraih pemerintah Provinsi Bali, baik itu pertumbuhan ekonomi, cakupan JKN, IPM termasuk penanganan stunting yang sangat baik.

“Kami sangat mengapresiasi program-program yang telah dilaksanakan Pemprov Bali. Ini menunjukkan bahwa Pemprov Bali secara umum dan kabupaten/kota se-Bali telah mampu melaksanakan visi misi dalam membangun kesejahteraan masyarakat Bali,” katanya. @ ind

Komentar