nusabali

DPRD Kabupaten Buleleng Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

  • www.nusabali.com-dprd-kabupaten-buleleng-periode-2024-2029-resmi-dilantik

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buleleng periode 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya, Kamis (15/8).

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Singaraja, I Made Bagiarta di ruang sidang utama DPRD Buleleng.

Puluhan anggota DPRD Buleleng anyar yang dilantik adalah caleg yang berhasil lolos dengan perolehan suara di 9 daerah pemilihan. Sebanyak 18 kursi diraih PDI Perjuangan, 11 kursi diraih Partai Golkar Buleleng, 6 kursi Partai NasDem, 4 kursi Partai Gerindra, 3 kursi Partai Demokrat, 2 kursi Partai Hanura dan 1 kursi PKB.

Dalam pelantikan tersebut juga dibacakan Ketua sementara DPRD Buleleng dan wakil Ketua Sementara DPRD Buleleng. Untuk jabatan Ketua Sementara dijabat Gede Supriatna dari Fraksi PDI Perjuangan dan Wakil Sementara dijabat I Ketut Susila Umbara dari Fraksi Partai Golkar.

“Usai pelantikan kami Ketua dan Wakil Ketua Sementara bertugas memfasilitasi pembentukan tata tertib, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan juga pembentukan fraksi-fraksi. Mudah-mudahan seluruh anggota termasuk 12 orang anggota baru bisa bekerjasama dengan baik,” terang Supriatna.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Ketut Lihadnyana membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menegaskan pelantikan adalah simbol pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lihadnyana juga menggarisbawahi posisi DPRD adalah mitra kepala daerah. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, yang mengatur hubungan kemitraan antara DPRD dan kepala daerah dengan prinsip checks and balances. “Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menjamin kesinambungan pemerintahan,” ungkap Lihadnyana.

Dia berharap sinergitas dan kolaborasi antara DPRD dan kepala daerah tetap terjaga dengan baik. Kerja sama yang positif diharapkan dapat memberikan respons cepat dalam menyelesaikan persoalan rakyat, membangun kerja sama di tingkat regional, serta mendukung agenda prioritas nasional. Lihadnyana pun berterima kasih kepada anggota DPRD lama yang tidak terpilih kembali, atas kinerja baiknya selama 5 tahun terakhir.@k23

Komentar