nusabali

Panen Raya, Produksi Kopi di Tabanan Naik

  • www.nusabali.com-panen-raya-produksi-kopi-di-tabanan-naik

TABANAN, NusaBali - Petani kopi di Kabupaten Tabanan sumringah. Sebab tahun 2024 tahun panen dengan keuntungan berlipat. Selain hasil produksi meningkat, harga kopi pun relatif tinggi.

Dari segi hasil produksi tahun 2024, petani kopi robusta khususnya di Kecamatan Pupuan mengalami peningkatan drastis dibandingkan tahun 2023. Saat ini per hektare kopi yang dihasilkan 1,5 ton - 2 ton. Berbeda pada tahun 2023, per hektare  hanya didapat 6 - 7 kwintal. 

Salah satu petani kopi asal Pupuan Dewa Made Darsana,53, mengakui produksi kopi petani di tahun 2024 meningkat drastis. Para petani pun mensyukuri panen raya tahun ini. "Iya dibandingkan tahun lalu sedikit, sekarang rata-produksi rata meningkat," ujarnya, Kamis (15/7). 

Disebutkan, faktor penyebab meningkatkan hasil produksi kopi ini karena cuaca mendukung. Artinya, cuaca tidak terus menerus panas ataupun tidak terus-terusan hujan. Paling tepatnya, kata Dewa Darsana, saat selesai proses penyerbukan bunga kopi, baru ada hujan. "Inilah yang memengaruhi hasil panen bagus sekali tahun sekarang," terangnya. 

Bahkan yang paling membuat petani bernafas lega itu dari segi harganya. Saat ini harga kopi varian green bean per kilogram tembus Rp 65.000. Meskipun harganya menurun dibandingkan Juli 2024 lalu mencapai Rp 75.000 per kilogram. Namun harga ini masih cukup tinggi. 

"Ya kalau dibandingkan tahun lalu rendah sekali, Rp 25.000 sampai Rp 28.000 per kilogram," tegas warga asal Banjar Munduktemu Kelod, Desa Munduktemu, Kecamatan Pupuan, Tabanan, ini. 

Menurutnya, panen raya kopi petani di Kecamatan Pupuan sudah terjadi sejak Juni 2024 dan akan berlangsung sampai September 2024. Kopi biasanya dijual oleh petani kepada pengepul yang langsung mencari ke rumah warga. "Saya sendiri memiliki lahan sekitar 80 are, dan panen kopi masih berlangsung," akunya. 

Petugas Dinas Pertanian Tabanan Sintha Oktaviani mengakui petani di Tabanan sedang panen raya kopi robusta. Bahkan hasilnya meningkat. "Dari beberapa laporan awal produksi kopi meningkat karena cuaca sedang bagus," ujarnya. 

Luas lahan kopi di Tabanan, berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, luasan hamparan tanaman kopi di Kabupaten Tabanan mencapai 9.584,87 hektare. Produksi kopi yang mencapai 5.327,27 ton pada tahun 2022, sedangkan pada tahun 2021, produksi kopi sebanyak 5.589,12 ton.7des

Komentar