nusabali

Zirkzee Debut Gilang, Tambah Optmistis Manchester United

  • www.nusabali.com-zirkzee-debut-gilang-tambah-optmistis-manchester-united

MANCHESTER, NusaBali - Penyerang baru Manchester United (MM) Joshua Zirkzee membuat Setan Merah optimistis menjalani musim 2024-2025. Ya, pemain asal Belanda itu mencetak gol debutnya yang memastikan MU menang 1-0 atas Fulham, di Old Trafford, Sabtu (17/8) dinihari Wita.

Pemain yang didatangkan dari Bologna dengan nilai transfer 36,5 juta pound ini mencetak gol penentu pada menit ke-87. Gol Zirkzee datang saat MU tampak akan memulai musim dengan hasil kurang memuaskan, setelah gagal dalam serangkaian peluang karena penyelesaiann yang buruk. Namun Zirkzee yang masuk dari bangku cadangan mencetak gol kemenangan yang sangat dibutuhkan timnya. 

"Sangat bagus bagi seorang striker  masuk dan mencetak gol pertamanya," kata pelatih Erik Ten Hag, dikutip antara dari ESPN. 

"Kemenangan ini sangat memuaskan. Memulai musim dengan kemenangan selalu penting. Kami belum sepenuhnya siap sebagai tim, banyak pemain yang belum mencapai kebugaran penuh. Kami hanya memiliki 10 hari untuk berlatih bersama,"kata Ten Hag lagi.

Ten Hag menambahkan bahwa meskipun penampilan tim masih bisa ditingkatkan, dasar yang kuat telah terbentuk menjalani musim ini. Penampilan selama 90 menit cukup baik, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan. Menurut Ten Hag, secara keseluruhan, kinerja dan pelaksanaan rencana permainan sangat bagus.

Zirkzee tampil sebagai pahlawan, namun tidak menutupi masalah yang masih harus dihadapi Manchester United. Sebelum Zirkzee masuk pada menit ke-61, MU tampil dengan Bruno Fernandes sebagai penyerang utama, tetapi peluang demi peluang terbuang sia-sia.

Ketajaman lini depan MU yang menjadi masalah musim lalu tampak masih menjadi momok musim ini. Rasmus Hojlund, yang menjalani pemulihan dari cedera hamstring saat tur pramusim, sangat dinanti untuk kembali memperkuat lini depan MU. 

Namun, kehadiran Zirkzee memberikan alternatif  menjanjikan bagi Ten Hag. Penyerang asal Belanda itu langsung memberikan dampak dengan mencetak gol penentu kemenangan. 

Debut positif juga ditunjukkan oleh bek kanan baru United, Noussair Mazraoui. MU memulai musim baru dengan langkah yang tepat. Zirkzee, yang tiba pada waktu yang tepat, memberikan kontribusi penting untuk kemenangan pertama Setan Merah musim ini.

Sementara terkait banyaknya mantan pemain Ajax Amsterdam merapat ke MU, Ten Hag menegaskan  kebijakan merekrut para  mantan pemain Ajax adalah pertimbangan klub dan keputusan bersama yang didukung oleh tim rekrutmen.

Ten Hag baru saja mendatangkan dua eks pemain Ajax lainnya, Matthijs de Ligt dan Noussair Mazraoui, dari Bayern Muenchen.  Keduanya menambah daftar mantan pemain Ajax di Old Trafford menjadi lima, setelahj Lisandro Martínez, Antony, dan Andre Onana.

Namun, Ten Hag menekankan, dia bukan satu-satunya pihak yang menentukan target transfer, melainkan melibatkan berbagai pihak dalam manajemen klub.

"Ini keputusan klub, tidak ada satu pun dari mereka karena keputusan saya semata. Keputusan ini selalu didukung atau bahkan diajukan oleh tim pemandu bakat, rekrutmen, direktur teknik, dan direktur olahraga,” kata Ten Hag.

Dia juga menjelaskan rekrutmen pemain tidak hanya didasarkan pada pengalaman pribadinya, tetapi juga harus sesuai dengan kebutuhan tim dan keuangan klub. De Ligt bergabung dengan MU dengan nilai transfer 38,5 juta pound setelah menjalani masa-masa sulit di Juventus dan Bayern.  Meski kesulitan menembus tim nasional Belanda dalam Euro 2024, Ten Hag tetap yakin de Ligt salah satu bek tengah terbaik di dunia. ant

Komentar