nusabali

Masyarakat Sukawati Ingin Kembalikan Lapangan Sutasoma

  • www.nusabali.com-masyarakat-sukawati-ingin-kembalikan-lapangan-sutasoma

GIANYAR, NusaBali - Kondisi lapangan Sutasoma yang pernah menjadi Posko Pengungsi Gunung Agung dan Relokasi Pedagang Pasar Seni Sukawati memprihatinkan. Bekas bangunan semi permanen rusak dililit semak belukar. Lapangan ini pun terbengkalai.

Dalam semak-semak tampak terparkir dua unit mobil. Entah dalam kondisi rusak atau memang dimanfaatkan untuk parkir. Ada juga ogoh-ogoh yang terbungkus plastik hitam. Masyarakat Sukawati berharap tempat ini di kembali menjadi lapangan Sutasoma. "Harapan kami lapangan Sutasoma bisa dinormalkan lagi agar bisa buat olahraga masyarakat," harap warga setempat, Ketut Wartawan, Minggu (18/8). 

Masyarakat Sukawati menaruh harapan besar kepada para wakil rakyat daerah pemilhan Kecamatan Sukawati yang baru dilantik. "Semoga para wakil rakyat yang dari Kecamatan Sukawati bisa menengok kumuhnya lapangan Sutasoma di perbatasan Desa Batuan dengan Desa Sukawati," ujar warga lain. 

Meski pernah berjasa sebagai tempat pengungsian dan relokasi pedagang pasar seni, masyarakat tetap berharap Sutasoma kembali menjadi lapangan olahraga. "Kalau sampai dialihfungsikan menjadi bangunan sangat-sangat disayangkan, itu pemikiran pemerintah yang sangat keliru, mengingat tanah lapang atau lahan hijau sudah semakin sedikit, seperti sawah dan tegalan sudah beralih fungsi. Lapangan yang sudah ada mesti dipertahankan untuk masyarakat sebagai tempat bersantai dan berolahraga," pinta warga. 

Anggota DPRD Dapil Sukawati Putu Gede Pebriantara saat dikonfirmasi mengatakan akan mengawal harapan masyarakat. Menurutnya, permasalahan ini telah menjadi atensi dan sudah disampaikan dalam pandangan fraksi PDI Perjuangan dalam rapat anggaran. "Nanti tiang bersama teman-teman akan perjuangkan masalah ini," tegasnya.

Dalam kesempatan pembahasan anggaran, Putu Pebri berjanji akan memperjuangkan perbaikan lapangan Sutasoma. "Kami perjuangankan Lapangan Sutasoma kembali difungsikan sebagai lapangan umum yang lebih representatif," ujar Putu Pebri.

Lapangan Sutasoma dulu digunakan oleh masyarakat se-Kecamatan Sukawati sebagai tempat olahraga dan melaksanaan lomba-lomba tingkat desa maupun tingkat Kecamatan Sukawati. Lapangan Sutasoma berdekatan dengan SKB Kampus Komunitas Politeknik. Dengan dikembalikan seperti semula, siswa SMP, SMA, termasuk sekaa teruna se-Kecamatan Gianyar bisa menggunakan lapangan Sutasoma sebagai lapangan bersama untuk seluruh kegiatan olahraga. 7 nvi

Komentar