nusabali

Desa Adat Dalem Setra Batununggul Gelar Festival

  • www.nusabali.com-desa-adat-dalem-setra-batununggul-gelar-festival

SEMARAPURA, NusaBali - Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung menggelar festival budaya sejak tanggal 15 sampai 19 Agustus 2024. Batununggul Village Festival ini mengambil tema ‘Surya Metu’ dibuka oleh Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, Kamis (15/8).

Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Anom Astika, mengatakan festival ini diisi berbagai pagelaran seni budaya. Di antaranya lomba baleganjur, lomba tapel ogoh-ogoh, penjor mini, gebogan, lomba tari, pergelaran seni dari Sanggar Arlingka, komunitas seni dari kalangan ibu-ibu, fun run, dan pementasan musik.

Kegiatan tersebut merupakan pelestarian seni dan budaya serta membangkitkan ekonomi masyarakat lokal agar berkembang. Selain sebagai ruang kreasi bagi seniman, festival ini memberikan dampak luas. Tema Surya Metu mengandung mengawali hari atau menyambut mentari pagi. "Semangat mengawali pagi jadi inspirasi yang dijadikan tema festival," ujar Dewa Anom.

Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, mengatakan festival ini merupakan ajang branding daerah dan potensi seni, budaya, dan adat. Festival memberikan ruang kreasi kepada para seniman dan UMKM lokal. “Kami sangat mengapresiasi festival ini dengan semangat masyarakat dan pelaku seni dan ekonomi kemasyarakatan terakomodir," ujar Sulistiawati.

Sulistiwati berharap festival ini memberikan inspirasi bagi desa adat yang lain untuk mengembangkan potensinya atau bisa melakukan kolaborasi. 7 wan

Komentar