nusabali

Cegah Festival Tanah Lot Dilanda Lalin Macet, Manajemen Siapkan Parkir Khusus

  • www.nusabali.com-cegah-festival-tanah-lot-dilanda-lalin-macet-manajemen-siapkan-parkir-khusus

Sesuai dengan evaluasi festival tahun 2023 memang masalah parkir menjadi atensi khusus.

TABANAN, NusaBali
Manajemen DTW Tanah Lot bakal menyediakan sejumlah kantong parkir khusus antisipasi kemacetan saat festival digelar. Kantong parkir ini akan menyasar tempat di pinggir jalan supaya pengunjung maupun masyarakat tidak terjebak kemacetan. 

Festival Tanah Lot akan berlangsung selama tiga hari, 23 - 25 Agustus 2024. Diperkirakan, kantong parkir disiapkan di lima titik termasuk meminjam di areal Hotel Nirwana Bali Resort. 

Manajer DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana mengatakan pemetaan kantong parkir sudah dilaksanakan. Sesuai dengan evaluasi festival tahun 2023 memang masalah parkir menjadi atensi khusus. "Kami sudah petakan dan antisipasi. Jadi kami sudah sediakan titik kantong parkir," ujarnya, Minggu (18/8). 

Disebutkan, tak hanya menyediakan kantong parkir. Manajemen juga berkerja sama dengan pecalang dan aparat kepolisian untuk membantu mengatur arus lalulintas. "Kami akui memang setiap ada festival, kemacetan terjadi hampir 5 kilometer. Kondisi ini sudah kami antisipasi," tegasnya. 

Dia berharap dengan disediakan kantong parkir tersebut kemacetan selama festival bisa terurai. Diharapkan, tidak ada pengunjung terjebak baik yang akan masuk maupun keluar objek wisata. "Kami akan siaga untuk atasi kemacetan ini," tandas Sudiana. 

Seperti diketahui, setiap digelarnya festival di Tanah Lot kemacetan panjang selalu terjadi. Bahkan pengunjung yang hendak menikmati pagelaran terjebak di tengah jalan alias tidak bisa maju maupun mundur. Festival ini akan mengenalkan kuliner langka kepada wisatawan. 

Ada empat kuliner langka yang bakal dikenalkan selama festival, yakni Jaja Orog-orog, Tipat Kauh, Kakul Suna Cekuh, dan Taluh Kiping. Menariknya, kuliner langka ini dimasak oleh kumpulan chef yang disebut Tukang Jakan setiap hari dan dibagikan gratis kepada masyarakat. Tujuannya dikenalkan kuliner langka ini untuk mengangkat potensi lokal kuliner Tabanan. Selama festival juga ada stand urban dan UMKM, total 69 stand kuliner dan 10 stand UMKM. Sejumlah artis Bali akan menghibur para wisatawan.7des

Komentar