nusabali

Pemkab Bangli Usulkan Nama Baru RSJ Jadi Rumah Sakit Manah Sakti Mahotama

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-usulkan-nama-baru-rsj-jadi-rumah-sakit-manah-sakti-mahotama

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli mengusulkan nama baru untuk Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Banjar/Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. Karena Pemkab mengetahui Pemprov Bali berencana mengganti nama RSJ ini.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengaku, pihaknya telah bersurat ke Gubernur Bali untuk mengusulkan nama baru bagi rumah sakit yang berkedudukan di Kelurahan Kawan. "Di Provinsi Bali sudah ada Focus Group Discution (FGD) terkait pergantian nama rumah sakit jiwa ini. Kami juga telah bersurat mengusulkan namanya menjadi Rumah Sakit Manah Sakti Mahotama," jelasnya, Minggu (18/8). 

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli, ini menyebutkan nama ‘Manah Sakti Mahotama’ tersebut diambil dari bahasa Sansekerta dan mempunyai makna yang baik. Karena jiwa dan pikiran merupakan aset utama dalam hidup manusia.

Menurut Bupati Sedana Arta, usulan nama sudah berdasarkan diskusi di internal Pemkab Bangli. Diskusi melibatkan akademisi, praktisi, dan tim Bupati Bangli. "Dengan perubahan nama RSJ, harapan nanti bisa menjadi branding baru" ujarnya. 

Bupati Sedana Arta menambahkan selain branding, kesan yang selama ini melekat akan keberadaan rumah sakit jiwa, ‘orang Bangli orang gila’ akan menjadi hilang. "Walaupun sekarang sudah tidak lagi ada kesan tersebut. Karena itu, mudah-mudahan dengan branding baru yang sudah kami usulkan, bisa diterima oleh bapak Gubernur Bali dan secepatnya RSJ ini bisa berganti nama," imbuhnya.7esa

Komentar