nusabali

Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Badung, Sekda Sebut IKN Peradaban Baru Bangsa Indonesia

  • www.nusabali.com-upacara-peringatan-hut-ke-79-ri-di-kabupaten-badung-sekda-sebut-ikn-peradaban-baru-bangsa-indonesia

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024 di Lapangan Mangupraja Mandala, Puspem Badung, Sabtu (17/8). HUT RI tahun ini mengangkat tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Turut hadir Ketua Sementara DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Sementara DPRD Badung AA Ngurah Ketut Agus Nadi Putra serta para anggota DPRD Badung, jajaran Pimpinan Forkopimda Badung, jajaran Ketua Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung, TNI/Polri, Organisasi Masyarakat, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Badung, para pegawai dan siswa-siswi di Kabupaten Badung.

Adapun bertindak sebagai Komandan Upacara pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI yaitu Kapten Kavaleri I Wayan Sudiarta dari Kodim 16/11 Badung, petugas Paskibraka pembawa baki pada upacara penaikan bendera yaitu Luh Erika Kusuma Ayu dari SMAN 1 Kuta Utara dan pengibar bendera I Dewa Putu Gede Dika Asmara Dipta dari SMAN 1 Mengwi, I Komang Satria Putra dari SMAN 2 Mengwi, dan I Dewa Nyoman Krisna Lanang Seputra SMAN 1 Mengwi.

Ditemui seusai upacara, Sekda Adi Arnawa menyampaikan perayaan Hari Kemerdekaan ini merupakan sebuah momentum yang baik untuk mengingat perjuangan dan jasa-jasa para pendiri bangsa beserta para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan Bangsa Indonesia dari penjajah. Dijelaskan pula, terkait dengan tema pada perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini merupakan tema yang memberikan semangat kepada rakyat Indonesia, dengan bukti perjuangan Bangsa Indonesia setelah 79 tahun kemerdekaan.

“Kita sudah bisa membuat Ibu Kota Negara yang baru yaitu Nusantara. Ini juga merupakan langkah dan peradaban yang baru buat kita, terutama generasi muda bahwa kita bangsa yang tergabung dalam Nusantara harus bersatu dalam rangka melanjutkan dan mengisi kemerdekaan bangsa sesuai dengan amanat dari para pendiri bangsa kita,” ujarnya.

Sekda Adi Arnawa juga menyampaikan, implementasi daripada perayaan Hari Kemerdekaan ini dalam kehidupan sehari hari dengan cara memotivasi generasi muda sebagai generasi supaya bisa mempersiapkan diri secara sumber daya manusia, mental dan disiplin guna mewujudkan visi Indonesia emas 2045. Tanpa sumber daya manusia dengan kualitas yang memadai tentunya angan-angan, harapan-harapan serta visi-misi yang ingin dicapai tidak akan bisa tercapai.

“Saya percaya dan optimis dengan semangat kebersamaan dan gotong royong yang kita tumbuhkan di seluruh lapisan masyarakat di Nusantara, Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, apa yang kita akan impikan dan cita-citakan dalam Indonesia Emas 2045 akan terwujud,” tegas Sekda Adi Arnawa.

Kemudian pada sore harinya dilaksanakan upacara penurunan bendera dengan pembawa baki Ni Putu Indah Cipta Sari dari SMAN 1 Petang, dan pengibar bendera I Made Dena Junior Suryadika dari SMAN 1 Kuta Utara, I Putu Adi Sumerta dari SMAN 1 Kuta Utara, dan I Made Bagus Adnyana dari SMAN 3 Kuta Selatan. @ ind

Komentar