nusabali

Maarten Paes Sah Bela Indonesia

  • www.nusabali.com-maarten-paes-sah-bela-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan, kiper Dallas FC Maarten Paes (26 tahun) dipastikan sah dapat memperkuat tim nasional Indonesia, setelah pemain keturunan Belanda itu melewati proses panjang. Erick Thohir pun menegaskan. Marteen Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu Indonesia meraih prestasi yang lebih baik.

“Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia” demikian pernyataan tertulis Erick  Thohir, Minggu (18/8). 

Paes menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada April 2024. Namun, Paes belum dapat langsung membela Timnas. Pasalnya dari regulasi FIFA, Paes membela timnas Belanda U-21 saat menginjak usia 22 tahun.

Paes juga tercatat pernah menjadi bagian tim Belanda junior, yakni timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21. PSSI pun mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Sidangnya digelar pada 15 Agustus 2024.

Dengan sahnya status Paes dapat membela tim Garuda, maka Paes berpeluang dimainkan pelatih Shin Tae-yong pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga zona Asia pada September nanti.

Usai sah dapat perkuat Timnas Indonesia, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memastikan Paes akan dipanggil Timnas Indonesia untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Ya pastilah," ujar Sumardji saat dikonfirmasi Bola.net, Minggu (18/8). Indonesia akan memulai laga menghadapi Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (5/9) dan skuad Garuda akan berangkat ke Jeddah pada 1 September 2024. Selanjutnya, Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September 2024.

Usai dipastikan dapat memperkuat Timnas, kemungkinan Maarten Paes aka langsung mengisi pos kiper inti Indonesia di bawah bimbingan Shin Tae-yong. Pengalaman dan kualitas Paes akan meningkatkan kekuatan tim secara keseluruhan.

Artinya, Paes mungkin akan menggeser posisi Ernando Ari. Persaingan sehat dalam internal tim nasional memang dibutuhkan, juga sangat penting bagi pertumbuhan pemain.

Pengalaman Paes memang segudang. Dia menjalani 87 laga di MLS, plus 44 laga di Eredivisie. Kiper baru timnas ini mencatatkan total 21 cleansheet dari 87 laga di MLS, angka yang cukup impresif. ant

Komentar