nusabali

BPBD Petakan Potensi Rawan Gempa dan Tsunami

  • www.nusabali.com-bpbd-petakan-potensi-rawan-gempa-dan-tsunami

SEMARAPURA, NusaBali’ - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung memetakan potensi rawan gempa bumi dan tsunami. Pemetaan ini sebagai langkah antisipasi ancaman megathrust.

BPBD juga menyiapkan jalur dan tempat evakuasi skala desa, kecamatan, maupun kabupaten dan mengkoordinasikan penyediaan sistem peringatan dini dengan BPBD Provinsi Bali, BNPB, dan BMKG. “Rencana evakuasi juga sudah disiapkan lewat pemasangan rambu-rambu jalur evakuasinya,” ujar Widiada, Senin (19/8).

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada mengatakan sudah memetakan tingkat risiko gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Klungkung. BPBD bersama BPBD Bali, BMKG juga sedang mengkoordinasikan pemasangan sirine peringatan dini tsunami. 

Dengan demikian dampak akibat gempa bisa diantisipasi lebih maksimal. “Kami juga sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan di daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami,” ujar Widiada. Bali kini dihadapkan pada ancaman gempa megathrust, fenomena alam yang berpotensi memicu gempa besar dan tsunami. 7 wan

Komentar