nusabali

Pramuka Karangasem Hattrick Juara Umum BSC

  • www.nusabali.com-pramuka-karangasem-hattrick-juara-umum-bsc

AMLAPURA, NusaBali - Kontingen Pramuka Karangasem mencetak hattrick atau tiga kali secara beruntun keluar sebagai juara umum BSC (Bali Scout Competition) V Tahun 2024. Lomba diselenggarakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali. Tahun ini kembali meraih 8 medali emas, prestasi yang mengulangi tahun 2023.

"Kami mengapresiasi prestasi itu, secara beruntun dimenangkan Karangasem tahun 2022, tahun 2023 dan tahun 2024," jelas Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika didampingi Sekretaris I Putu Setia Budi, di Amlapura, Senin (19/8).

Trofi untuk gelar juara di tiap nomor itu, katanya, nantinya diserahkan saat puncak peringatan HUT Pramuka di Singaraja, Rabu (28/8). Prestasi itu dinilainya berkat kerja keras pembina di samping yang berlomba siswa-siswa berbakat di beberapa nomor lomba termasuk pembinanya juga memenangkan lomba.

"Ini gelar juaranya terpadu, antara siswa dan guru, sama-sama meraih gelar juara, sulit didapatkan kesempatan ini, semoga prestasi itu berkelanjutan," tambah Inspektur pada Inspektorat Daerah Karangasem.

Diingatkan, agar yang berhasil meraih gelar juara, agar tidak buru-buru berpuas diri karena jenjang lomba masih panjang. Ada juga lomba tingkat nasional  saingannya nanti lebih berat merupakan peserta terbaik dari 38 provinsi.

Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tingkat Cabang Putu Setia Budi, juga mengaku salut atas prestasi siswa dan para pembinanya. Sebab bukan saja siswa saja yang berlomba juga pembinanya diadu sehingga prestasi kali ini terpadu.

"Tahun 2023, Karangasem meraih 8 medali emas, tahun ini juga meraih 8 medali emas, sehingga berhak atas juara umum," jelas I Putu Setia Budi yang juga Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 6 Abang.

Bahkan SMPN 2 Abang berhasil mengawinkan gelar Lomba Vlog Kreatif Golongan Pramuka Penggalang putra dan putri. Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya mengaku tidak menyangka meraih dua gelar juara. "Itu artinya karya siswa, ternyata mendapatkan apresiasi terbaik di tingkat Provinsi Bali. Sementara merasa bangga atas prestasi itu, tetapi menanggung beban untuk mempertahankan di tahun berikutnya," katanya.

Tercatat delapan gelar juara dimenangkan, juga lomba video kreatif reels IG golongan pramuka siaga putra dan putri, SDN 1 Tulamben, Kecamatan Kubu, SDN 1 Kubu Kecamatan Kubu, Lomba kreatif tiktok golongan Pramuka Penggalang SD putra juga dimenangkan SDN 1 Kubu, Kecamatan Kubu, untuk nomor putri dimenangkan SDN 10 Tianyar, Kecamatan Kubu.

Juara lomba vlog kreatif golongan Pramuka penggalang putra dan putri dimenangkan SMPN 2 Abang, Kecamatan Abang, sedangkan lomba film pendek golongan penegak putri dimenangkan SMAN 1 Manggis, juara lomba praktik baik pembina heroik golongan pembina Pramuka penegak atas nama Ni Kadek Ardiani Rahajeng, dari SMAN 1 Rendang, dan juara lomba praktik baik pembina heroik golongan pembina Pramuka Siaga Ni Nengah Sekarini dari SDN 1 Sukadana, Kecamatan Kubu.7k16

Komentar