nusabali

PDIP Umumkan Rekomendasi Tahap II 24 Agustus

  • www.nusabali.com-pdip-umumkan-rekomendasi-tahap-ii-24-agustus

Untuk keseluruhan calon yang akan diusung dari PDIP di Pilkada serentak 2024 akan diumumkan sebelum tanggal 29 Agustus 2024, akhir pendaftaran calon

JAKARTA, NusaBali
PDI Perjuangan (PDIP) segera umumkan rekomendasi nama-nama calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah tahap kedua untuk diusung dalam Pilkada Serentak 2024. Pengumuman akan dilakukan pada akhir pekan ini, Jumat (23/8) atau Sabtu (24/8).

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (20/8). "Ya, mungkin akhir-akhir Minggu ini (sekitar) tanggal 23-24 itu gelombang terakhir," ujar Komarudin. Dia menjelaskan bahwa dalam kondisi darurat keputusan terkait calon kepala daerah yang akan di usung berada pada tangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Untuk itu, dia meminta semua pihak tak usah khawatir terkait sosok yang akan diusung dalam Pilkada Serentak 2024.

Sebab, partai berlambang banteng moncong putih itu akan tetap mengusung calon kepala daerah. "Hak prerogatif yang berbicara. Jadi Anda tidak usah khawatir. PDIP pasti akan tiba saatnya, PDIP akan ajukan calon," kata Komandan Satgas Nasional Cakra Buana PDI Perjuangan ini. Hal serupa diungkapkan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Eksekutif Deddy Sitorus. Menurutnya DPP PDIP kemungkinan akan pengumuman rekomendasi itu pada 24 Agustus. Kemungkinan tanggal 24 (Agustus)," ujar Deddy Sitorus. Saat ditanya apakah pengumuman yang diagendakan pada hari Sabtu pekan ini juga termasuk untuk calon gubernur DKI Jakarta, Deddy tak menjawab pasti. Dia menuturkan, kemungkinan tersebut juga ada. 

"Bisa iya, bisa tidak," ucapnya. Deddy Sitorus juga mengatakan partainya masih membuka peluang kerja sama dengan partai yang berada di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk bersama mengusung calon kepala daerah di Pilkada DKI Jakarta 2024. Adapun KIM Plus meliputi Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, Partai NasDem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu, ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Sangat membuka (kerja sama dengan partai di KIM Plus), kenapa tidak untuk gotong royong bersama, untuk rakyat Jakarta," kata Deddy saat ditemui awak media di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa malam. Dia menjelaskan PDIP dalam berpolitik mengutamakan gotong royong. Menurutnya, menjalin hubungan politik sebanyak-banyaknya dengan partai lain jauh lebih baik.

Kendati demikian, apabila tidak ada partai yang dapat diajak bekerja sama, partai berlambang banteng moncong putih itu siap mengusung calon kepala daerahnya sendirian. "Kami juga siap sendirian. Kita akan berkoalisi dengan rakyat, karena rakyat Jakarta ingin demokrasi ini dijaga dan diberikan menu untuk memilih pilihan lebih dari satu," ujarnya.

Selain itu, Deddy juga menilai Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 terkait gugatan terhadap UU Pilkada memungkinkan lebih banyak partai politik mengajukan calon sendiri. Dia memastikan partainya akan mengusung calon kepala daerah di Pilkada Jakarta. Untuk keseluruhan calon yang akan diusung dari partai berlogo banteng ini akan diumumkan sebelum tanggal 29 Agustus 2024. Diketahui pendaftaran paslon peserta Pilkada 2024 akan ditutup pada Kamis, (29/8). Pada gelombang pertama, PDIP telah mengumumkan 305 calon kepala dan wakil kepala daerah untuk Pilkada 2024 yang akan diusung terdiri atas 13 bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk maju dalam Pilkada 2024 dan 141 calon kepala daerah yang berasal dari tingkat kabupaten/kota. 7 ant

Komentar