nusabali

Pembagian Tempat Dagang Pasar Umum Negara Diundi

  • www.nusabali.com-pembagian-tempat-dagang-pasar-umum-negara-diundi

NEGARA, NusaBali - Revitaliasi Pasar Umun Negara (PUN) di Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana, ditargetkan sudah akan rampung pada akhir Agustus 2024. Pasar ini mulai dioperasikan pada blan September 2024.

Terkait pembagian tempat pedagang, dari pihak Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (KUKMP) Jembrana memberlakukan sistem undian. Pengundian tersebut sudah mulai dilakukan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Jembrana, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (21/8). Pengambilan undian dilakukan langsung oleh pedagang. 

Pengundian dilakukan secara bertahap sesuai dengan jenis atau zona pedagang. Pada hari pertama kemarin, ada dua sesi undian. Sesi pertama yang berlangsung mulai siang sekitar pukul 11.00 Wita, diadakan undian untuk los zona basah (los pedagang ikan dan daging). Sementara sesi kedua pada sekitar pukul 15.00 Wita, adalah undian untuk los zona kering (los pedagang aksesoris, bumbu dapur, sayur dan lainnya). 

Kepala Dinas KUKMP Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, sistem undian ini diberlakukan sebagai upaya memberi keadilan kepada seluruh pedagang. Artinya, pedagang mendapat tempat sesuai nomor undian yang mereka dapat. "Diundi biar adil. Saya pastikan ini fair dan kita mengakomodir semua. Kita berlakukan seadil-adilnya sampai kita menampung seluruhnya," ujar Agus Adinata yang juga memantau langsung proses pengundian Rabu kemarin. 

Agus Adinata mengatakan sebelumnya ada 981 los dan kios di PUN. Seluruh pedagang eksisting atau yang sudah ada sebelumnya itu dipastikan tertampung di PUN yang baru. "Di pasar (PUN) yang baru tersedia 985 los dan kios. Jadi ada lebih lagi 4, akan digunakan promosi daerah, menampung produk-produk dari saudara-saudara kita yang tidak punya los. Termasuk hasil produk-produk BLK (Balai Latihan Kerja) juga akan kita tampung di situ," ucapnya.

Proses pengundian tempat pedagang PUN ini, direncanakan berlangsung sampai Senin (26/8) nanti. Dari pengundian hari pertama kemarin, Agus Adinata mengaku sudah berjalan lancar. Namun ada beberapa pedagang yang menyatakan ingin bertukar tempat. Hal itu pun diizinkan sepanjang masih dalam satu zona dan ada kesepakatan antar pedagang. 

"Setelah mendapat undian dan tempatnya sudah fix, maka akan didaftarkan untuk adminitrasi penertiban surat ketetapan penempatan pedagang. Nanti surat itu yang mengikat tempat tiap pedagang," ucap Agus Adinata.7ode

Komentar